Teknologi

Hironobu Sakaguchi sebut tak ingin buat “Final Fantasy” lagi

8
×

Hironobu Sakaguchi sebut tak ingin buat “Final Fantasy” lagi

Sebarkan artikel ini
Hironobu Sakaguchi sebut tak ingin buat “Final Fantasy” lagi

DKI Jakarta – Kreator game ikonis "Final Fantasy" Hironobu Sakaguchi baru-baru ini mengungkap tidak ada mau lagi menggarap game tersebut atau permainan lain yang digunakan pernah beliau buat.

"Jika saya kembali ke Final Fantasy lagi, saya tiada tahu apakah saya dapat benar-benar menikmati Final Fantasy XIV seperti ini," kata Sakaguchi, disiarkan IGN, Kamis.

Alasan Sakaguchi (61) sederhana, yakni beliau telah terjadi memilih untuk menjadi penikmat game, sebagai pemain daripada sebagai penduduk yang mana bekerja pada balik layar.

Dua pekan lalu, perusahaan game Square Enix mengumumkan bahwa merekan kembali bekerja sejenis dengan Hironobu untuk proyek game "Fantasian: Neo Dimension" yang tersebut rencananya akan datang rilis ke Nintendo Switch, PlayStation 5, PlaySation 4, Xbox Series X|S, serta PC.

Sakaguchi juga menyatakan bukan tertarik untuk kembali terlibat di proyek baru game lain yang pernah beliau kerjakan, seperti "Blue Dragon" juga "Lost Odyssey".

Hanya satu game yang dimaksud mungkin saja ingin ia garap kembali yaitu "Terra Battle" rilisan 2014 untuk perangkat iOS kemudian Android, namun, saat ini telah dilakukan dihapus. Sakaguchi bahkan mengungkapkan keinginannya menghidupkan kembali gim tersebut.

Hironobu Sakaguchi memulai kariernya ke Square Enix pada 1983. Waralaba role-playing game (RPG) legendaris "Final Fantasy" yang tersebut terinspirasi gim RPG "Wizardry" kemudian "Dragon Quest", telah terjual banyaknya 185 jt kopi yang digunakan disebut sudah pernah menyelamatkan Square Enix dari ancaman kebangkrutan pada pada waktu itu.

Setelah itu, Hironobu juga terlibat pada pengerjaan RPG lainnya seperti "Final Fantasy VI" lalu "Chrono Trigger". Dia memutuskan hengkang dari Square Enix pada 2003 dengan game terakhir. "Final Fantasy X-2".

Artikel ini disadur dari Hironobu Sakaguchi sebut tak ingin buat “Final Fantasy” lagi