Internasional

Senator Amerika Serikat Murka Netanyahu Sindir Demo Kutuk negara Israel di Kampus-kampus Ternama

71
×

Senator Amerika Serikat Murka Netanyahu Sindir Demo Kutuk negara Israel di Kampus-kampus Ternama

Sebarkan artikel ini
Senator Amerika Serikat Murka Netanyahu Sindir Demo Kutuk negara negeri Israel dalam Kampus-kampus Ternama

WASHINGTON – Senator Bernie Sanders mengutuk pernyataan Awal Menteri (PM) negeri Israel Benjamin Netanyahu yang mana mengecam mengkritik pro-Palestina yang tersebut mengguncang kampus-kampus Amerika Serikat (AS).

“Tidak, Tuan Netanyahu. Bukanlah anti-Semit atau pro-Hamas untuk menyatakan, pada waktu enam bulan lebih, pemerintah ekstremis Anda telah dilakukan membunuh 34.000 warga Palestina dan juga melukai lebih besar dari 77.000, 70% pada antaranya adalah perempuan kemudian anak-anak,” tegas Sanders pada Kamis (25/4/2024).

Pernyataan Sanders muncul satu hari setelahnya Pertama Menteri Benjamin Netanyahu mengutuk “massa anti-Semit” di kampus-kampus.

Setelah siswa pro-Palestina dari Universitas Harvard mulai berkemah, bergabung dengan universitas lain dalam Amerika Serikat untuk menuntut gencatan senjata dalam Jalur Gaza, Netanyahu merilis instruksi video pada hari Rabu yang digunakan berbunyi, “Jadi, apa yang tersebut berlangsung ke kampus-kampus Amerika sungguh mengerikan. Massa anti-Semit telah lama mengambil alih universitas-universitas terkemuka.”

Sanders mengatakan, “Bukanlah anti-Semit untuk menyatakan pemboman negara Israel sudah pernah menghancurkan lebih banyak dari 221.000 unit rumah pada Gaza, menyebabkan lebih lanjut dari 1 jt penduduk kehilangan tempat tinggal, lalu pemerintah negeri Israel sudah menghancurkan infrastruktur sipil Gaza.”

Dia menegaskan, “Bukanlah anti-Semit apabila kita menyadari tanah Israel telah terjadi memusnahkan sistem layanan kesegaran di dalam Daerah Gaza serta juga bukanlah anti-Semit jikalau kita mengutuk penghancuran 12 universitas juga 56 sekolah di dalam Wilayah Gaza oleh pemerintahan Netanyahu, yang tersebut mengakibatkan 625.000 siswa terlantar tanpa pendidikan.”

“Bukanlah anti-Semit apabila kita setuju dengan hampir semua organisasi kemanusiaan yang memaparkan pemerintah negara Israel sudah pernah secara tiada masuk akal memblokir bantuan kemanusiaan yang mana masuk ke Gaza,” tegas dia.

Jangan Hina Kecerdasan Rakyat Amerika

“Tuan Netanyahu, anti-Semitisme adalah bentuk kefanatikan yang mana keji juga menjijikkan yang mana telah dilakukan memunculkan kerugian besar bagi jutaan orang,” papar dia.

“Tetapi, tolong, jangan menghina kecerdasan rakyat Amerika dengan mencoba mengalihkan perhatian kami dari kebijakan konflik yang tersebut tidak ada bermoral kemudian ilegal dari pemerintahan Anda yang mana ekstrem serta rasis,” tegas Sanders.

“Jangan gunakan anti-Semitisme untuk mengalihkan perhatian dari dakwaan pidana yang Anda hadapi dalam Pengadilan Israel. Jangan gunakan anti-Semitisme untuk memohon pertanggungjawaban Anda berhadapan dengan tindakan Anda,” ungkap Sanders.

Artikel ini disadur dari Senator AS Murka Netanyahu Sindir Demo Kutuk Israel di Kampus-kampus Ternama