Teknologi

Fitur Baru Ray-Ban Meta bisa jadi Identifikasi Tempat Seperti Pemandu Wisata

30
×

Fitur Baru Ray-Ban Meta bisa jadi Identifikasi Tempat Seperti Pemandu Wisata

Sebarkan artikel ini
Fitur Baru Ray-Ban Meta mampu jadi Identifikasi Tempat Seperti Pemandu Wisata

JAKARTA – pimpinan Meta Mark Zuckerberg memamerkan fasilitas baru kacamata Ray-Ban Meta yang mana disebut sebagai multimodal berbasis kecerdasan buatan/AI. Fitur ini memang sebenarnya masih beta, tapi diharapkan dapat dipakai oleh oleh pengguna di waktu dekat.

Kacamata pintar Ray-Ban dari Meta adalah kacamata dengan kamera dan juga chipset Qualcomm Snapdragon AR1 Gen1. Kacamata yang dimaksud dapat merekam foto kemudian video, sekaligus berubah jadi asisten suara. Misalnya, pengguna dapat bertanya “Hi Meta, jam berapa sekarang?”. Tapi, pertanyaannya sendiri sementara masih terbatas.

Nah, Meta akan menambah fasilitas pencarian visual berbasis AI. Kacamata yang disebutkan nantinya mampu mengidentifikasi landmark/tempat terkenal di dalam berubah-ubah lokasi serta memberi informasi lebih tinggi lanjut, layaknya pemandu wisata bagi para pelancong.

Hal ini dijelaskan oleh CTO Meta Andrew Bosworth pada postingan Threads. Bosworth memamerkan beberapa contoh gambar yang digunakan menjelaskan alasan Jembatan Golden Gate berwarna oranye (agar lebih besar ringan dilihat di kabut), sejarah rumah “painted ladies” di dalam San Francisco, dan juga lainnya.

Untuk contoh-contoh tersebut, deskripsinya muncul sebagai teks dalam bawah gambar.

Selain itu, Mark Zuckerberg juga menggunakan Instagram untuk menunjukkan kemampuan baru ini melalui beberapa video yang diambil pada Montana.

Zuckerberg menggunakan audio untuk memberikan deskripsi verbal tentang Gunung Big Sky kemudian sejarah Lengkungan Roosevelt, sambil menjelaskan bagaimana salju terbentuk.

Meta memberikan pratinjau fasilitas ini pada acara Connect tahun lalu, sebagai bagian dari kemampuan “multimodal” baru yang digunakan memungkinkannya menjawab pertanyaan berdasarkan lingkungan sekitar pengguna.

Multimodal Teknologi AI dalam Kacamata Ray-Ban Meta mengacu pada teknologi kecerdasan buatan (AI) yang dimaksud menggabungkan beberapa jenis input sensorik untuk menyadari serta merespon pengguna dengan lebih banyak baik.

Ini dimungkinkan sebab kacamata pintar Meta pada waktu ini memperoleh akses informasi real-time (tidak lagi terpaku pada tahun 2022 seperti sebelumnya), sebagian didukung oleh Bing Search.

Artikel ini disadur dari Fitur Baru Ray-Ban Meta bisa Identifikasi Tempat Seperti Pemandu Wisata