Kesehatan

Benarkah Jus Jambu Bisa Obati DBD?

14
×

Benarkah Jus Jambu Bisa Obati DBD?

Sebarkan artikel ini
Benarkah Jus Jambu Bisa Obati DBD?

JAKARTA – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menyerang masyarakat di dalam Indonesia. Angka kematian terus bertambah dari waktu ke waktu.

Pasien yang dimaksud mengidap DBD biasanya mengalami penurunan trombosit. Hal ini yang mana menimbulkan sebagian khalayak mencari makanan atau minuman yang dapat membantu memulihkan trombosit.

Salah satu minuman yang digunakan dianggap ampuh mengobati DBD adalah jus jambu. Namun, Dokter Spesialis Anak, dr. Ardi Santoso menjelaskan bahwa kunci sembuh dari penyakit DBD adalah dengan mengikuti arahan dokter.

“Kasus demam berdarah memang benar lagi sejumlah ya, teristimewa anak-anak. Jadi kalau dinyatakan dokter positif demam berdarah, ikuti anjuran dokter lalu diskusi dengan dokter,” jelas dr. Ardi diambil dari akun Instagramnya @ardisantoso, Hari Jumat (26/4/2024).

Dr. Ardi mengungkap bahwa bukan ada obat yang mana sanggup meninggal trombosit. Sebab trombosit akan naik secara alami, jikalau masa infeksinya sudah ada lewat. Bahkan, ia menjelaskan jus jambu pun tak sanggup meninggal trombosit, apalagi menyembuhkan DBD.

“Demam berdarah itu kan tujuh hari, nanti setelahnya hari ketujuh beliau akan naik sendiri. Jus jambu pun gak akan meninggal apa pun,” ujarnya.

Oleh karenanya, dr. Ardi mengimbau untuk para pasien DBD sebaiknya mematuhi saran kemudian aturan dari para dokter yang menangani. Jangan sampai pasiennya mengalami status DBD yang digunakan tambahan parah yaitu shock demam berdarah yang tersebut bisa jadi membahayakan nyawa.

Selain dirawat intensif kemudian mengikuti anjuran dokter, dr. Ardi menegaskan bahwa terapi yang digunakan baik untuk mengobati DBD yaitu dengan mencukupi cairan tubuh dengan mengkonsumsi air mineral yang tersebut banyak.

“Makanya terapinya cuma satu, cairan. Jadi jangan lupa minum cairan yang banyak, kalau dokter kasih infus juga itu juga sudah ada sesuai dengan takaran juga kebutuhannya,” jelas. dr. Ardi.

Dr. Ardi menyatakan minum jus atau minuman sehat lainnya tak masalah. Namun tujuannya untuk mencukupi cairan tubuh serta memberi asupan vitamin, bukanlah untuk meninggal trombosit tubuh.

“Kalau mau ikhtiar minuman jus apapun boleh, yang mana penting cairan. Tapi pada prinsipnya jus jambu gak akan bisa jadi meninggikan trombosit, sebab ia akan naik sendiri nantinya,” ujar dia.

Artikel ini disadur dari Benarkah Jus Jambu Bisa Obati DBD?