Kesehatan

Tas Sebesar Pasir Hal ini Terjual Seharga Rp904 Juta, Sepaket dengan Mikroskop

20
×

Tas Sebesar Pasir Hal ini Terjual Seharga Rp904 Juta, Sepaket dengan Mikroskop

Sebarkan artikel ini

JakartaTas berukuran pasir dengan embossed logo Louis Vuitton terjual seharga US$63,750 atau sekitar Rp961 juta. Harga ini lebih banyak besar empat kali lipat dari tawaran awal sebesar US$15.000 atau Rp226 juta. 

Tentu hanya tas yang dijual secara lelang itu tidak Louis Vuitton asli. Ini adalah hanyalah tiruan dari merek terkenal itu dengan ukuran sangat jauh lebih lanjut kecil, cuma mampu dilihat lewat mikroskop. 

“Tas ini berukuran sangat kecil lebih besar kecil dari sebutir garam laut kemudian cukup sempit untuk melintasi lubang jarum yang hampir tiada terlihat oleh mata manusia,” menurut postingan diakun Instagram pembuatnya, yaitu kolektif seni MSCHF yang mana berbasis ke Brooklyn.

Tas mikroskopis MSCHF (MSCHF)

MSCHF mengklaim bahwa tas itu dapat menyeberangi lubang jarum lalu tambahan kecil dari sebutir garam laut. Obyek itu dibuat menggunakan polimerisasi foton, sebuah teknologi manufaktur yang dimaksud digunakan untuk mencetak komponen plastik skala mikro 3D.

Kevin Wiesner kepala kreatif MSCHF mengutarakan bahwa tas kolektif ini belum mendapatkan izin dari pihak Louis Vuitton untuk menggunakan desainnya. LVMH, perusahaan pemilik Louis Vuitton, belum menanggapi keberadaan tas ini.

Menurut pernyataan lelang, tas ini dibuat dengan proses streolitografi yang mana biasa digunakan untuk memproduksi bentuk biotek mekanik kecil. Karena sangat kecil, tas yang dimaksud dijual dengan dengan mikroskop yang mana dilengkapi dengan tampilan digital agar bisa jadi terlihat.

Di pada daftarnya MSCHF juga menjelaskan, “Sebagai objek yang dulunya berfungsi seperti tas tangan bermetamorfosis menjadi semakin kecil, status objeknya berubah menjadi semakin abstrak sampai murni penanda merek,” kata MSCHF.

MSCHF juga merilis pernyataan bahwa kecintaannya pada sektor mode yaitu handbag telah menyebabkan merek untuk menimbulkan komoditas semakin abstrak sebagai penanda merek tertentu.

MSCHF merilis pernyataan bahwa tas tangan mikroskopis ini sudah pernah memberikan kesimpulan yang tersebut sangat logis bahwa benda praktis ini dapat dibuat berubah jadi perhiasan, sehingga fungsi aslinya jadi menguap. 

MSCHF menjadi perhatian pada beberapa tahun terakhir untuk sebuah proyek “sepatu setan” Lil Nas X yang kontroversial, sepatu kets dua sisi yang mana dapat dipakai pada dua arah, es loli “Eat the Rich” yang berbentuk seperti miliarder teknologi Elon Musk juga Mark Zuckerberg. Kini mereka itu lagi-lagi jadi berita akibat tas mikroskopis ini. 

DWI NUR AZIZAH | BUSINESS INSIDER

Artikel ini disadur dari Tas Sebesar Pasir Ini Terjual Seharga Rp904 Juta, Sepaket dengan Mikroskop