Kesehatan

Awas! Paparan Panas dari Kompor pada waktu Memasak Bisa Sebabkan Flek Hitam pada Wajah

18
×

Awas! Paparan Panas dari Kompor pada waktu Memasak Bisa Sebabkan Flek Hitam pada Wajah

Sebarkan artikel ini
Awas! Paparan Panas dari Kompor pada waktu Memasak Bisa Sebabkan Flek Hitam pada Wajah

JAKARTA – Memiliki dermis wajah mulus kemudian bersih adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Wajar jikalau banyak dari merekan yang tersebut rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan wajah agar terhindar dari hambatan kulit, seperti flek atau noda hitam.

Ya, flek atau noda hitam adalah permasalahan lapisan kulit yang digunakan kerap mengintai sejumlah orang, teristimewa merekan yang tersebut tinggal di area tropis seperti Indonesia. Paparan sinar matahari yang dimaksud tinggi jadi pendorong dermis khalayak Tanah Air enteng mengalami flek hitam serta bekas jerawat membandel.

Meskipun flek hitam kerap dikaitkan dengan paparan sinar matahari, nyatanya kondisi ini juga dapat juga muncul akibat factor lain, salah satunya panas yang mana ditimbulkan oleh panas kompor pada waktu memasak.


Skin Expert Erha Ultimate dr Pita Matubani Asriri mengatakan, pembuluh darah vaskular pada bawah lapisan kulit lebih besar gampang rusak pada pada waktu kondisinya panas.

“Bedanya kalau (panas) matahari itu kan sinar panas radiasi ya. Tapi kalau ini tuh panas yang mana panasnya dengan segera nyembur ke wajah,” ujar dr Pita pada acara Grand Opening ERHA Ultimate ke AEON Deltamas baru-baru ini.

Dokter Pita menjelaskan, pembuluh darah yang tersebut terkena paparan panas dari memasak akan berubah jadi kusut atau tak beraturan. Hal ini menyebabkan pigmen epidermis yang mana ingin muncul ke permukaan terhambat kemudian menumpuk di bawah pembuluh darah yang mana rusak tersebut.

“Diibaratkan jadi kayak akar beringin, si pigmen ini yang mana seharusnya mau lurus ke atas, mau lepas, kejebak, udah nggak sanggup lewat lagi. Kan pigmennya terhalang oleh pembuluh darah,” jelas dr. Pita.


“Nah, sementara melanosit masih produksi terus juga akhirnya numpuk. Terus kalau kita lihat dari luar kok beliau jadi gelap ya? Itu oleh sebab itu pigmennya numpuk ke situ,” sambungnya.

Untuk itu, dr Pita menyarankan untuk rutin menggunakan pemakaian skincare, teristimewa sunscreen sebelum beraktivitas. Pengaplikasian sunscreen ini juga wajib diaplikasikan tak cuma pada waktu pergi dari rumah, tapi juga pada di rumah.

“Saran saya, bangun tidur itu cuci wajahnya, pake dulu sunscreen-nya. Butuh waktu 20 atau 30 menit untuk sunscreen bekerja, baru aktivitas ke dapur atau mau mengundurkan diri dari rumah yang digunakan terpapar sinar matahari,” pungkasnya.

Artikel ini disadur dari Awas! Paparan Panas dari Kompor saat Memasak Bisa Sebabkan Flek Hitam pada Wajah