Teknologi

Berapa Harga VAR yang tersebut Dipakai di Kompetisi 1 Indonesia?

48
×

Berapa Harga VAR yang tersebut Dipakai di Kompetisi 1 Indonesia?

Sebarkan artikel ini
Berapa Harga VAR yang yang disebutkan Dipakai dalam Kompetisi 1 Indonesia?

JAKARTA – Di Turnamen 1 Indonesia, VAR mulai diterapkan pada musim 2023-2024 dengan tujuan meningkatkan akurasi lalu keadilan di pengambilan kebijakan wasit.

Perangkat VAR belakangan memang benar sejumlah disebut-sebut dipertandingan bola. VAR digunakan untuk meninjau empat jenis langkah kunci pada pertandingan sepak bola.

VAR (Video Assistant Referee) adalah sistem teknologi yang mana digunakan untuk membantu wasit di mengambil tindakan penting selama pertandingan sepak bola.

VAR dapat meninjau apakah gol sah atau tidak, satu di antaranya memeriksa kemungkinan offside, handball, atau pelanggaran lainnya.

Kemudian, VAR dapat meninjau apakah kebijakan penalti telah tepat atau tidak, termasuk memeriksa apakah pelanggaran berjalan di di atau dalam luar kotak penalti.

VAR juga dapat meninjau apakah tindakan kartu merah secara langsung telah tepat atau tidak, diantaranya memeriksa apakah pelanggaran cukup serius untuk mendapatkan kartu merah.

Selain itu, VAR dapat membantu wasit mengidentifikasi pemain yang mana melakukan pelanggaran apabila wasit salah memberikan kartu terhadap pemain yang mana salah.

Prosedur VAR

Berapa Harga VAR yang Dipakai di Kompetisi 1 Indonesia?

– Kejadian di lapangan: Saat muncul kejadian yang tersebut berpotensi memerlukan peninjauan VAR, wasit utama dapat memohonkan VAR untuk meninjau tayangan ulang.

– Peninjauan VAR: Wasit VAR akan meninjau tayangan ulang dari bermacam sudut dan juga memberikan rekomendasi terhadap wasit utama.

– Keputusan akhir: Wasit utama miliki tindakan akhir, apakah akan menerima rekomendasi VAR atau tidak. Wasit utama juga dapat memutuskan untuk meninjau sendiri tayangan ulang di dalam monitor VAR.

PT Turnamen Negara Indonesia Baru (LIB) telah dilakukan membeli 15 perangkat VAR untuk digunakan di Kompetisi 1. Biaya pembelian perangkat ini sudah ada tambahan dari Rp100 miliar.

Selain itu, PT LIB juga mengadakan pelatihan untuk wasit lalu operator VAR. Biaya pelatihan ini belum termasuk pada bilangan Rp100 miliar yang mana disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya saja itu, beberapa stadion kemungkinan besar harus disesuaikan agar memenuhi standar pemakaian VAR. Dengan demikian, total biaya implementasi VAR di dalam Kejuaraan 1 Nusantara dipastikan akan melebihi Rp100 miliar.

Artikel ini disadur dari Berapa Harga VAR yang Dipakai di Liga 1 Indonesia?