Kesehatan

4 Bahan Pangan Pengganti Gula Pasir yang mana Lagi Mahal, Lebih Optimal

16
×

4 Bahan Pangan Pengganti Gula Pasir yang mana Lagi Mahal, Lebih Optimal

Sebarkan artikel ini
4 Bahan Pangan Pengganti Gula Pasir yang dimaksud mana Lagi Mahal, Lebih Optimal

JAKARTA – Harga gula pasir sedang melonjak pada pasaran. Kondisi ini menyebabkan para konsumen menjerit lantaran harganya yang digunakan mencapai Rp17.500 per kilogram.

Imbasnya, substansi pangan ini mulai langka juga sulit ditemukan. Stok gula pasir di pangsa maupun tolo swalayan menipis, pembeliannya pun diperlukan dibatasi.

Sementara itu, mahal dan juga langkanya gula pasir ini tetap mampu diatasi. Ada beberapa material alternatif yang mana mampu digunakan sebagai substitusi gula. Selain mengatasi susahnya mendapatkan gula pasir, bahan-bahan ini juga lebih besar fit untuk dikonsumsi sehari-hari.

Berikut unsur yang tersebut dapat jadi perwakilan gula pasir, dilansir dari laman Healthline, Awal Minggu (22/4/2024).

1. Stevia

Pertama ada stevia. Stevia adalah pemanis alami yang digunakan berasal dari daun semak Amerika Selatan, stevia rebaudiana.

Pemanis nabati ini dapat diekstraksi dari salah satu dari dua senyawa yang mana disebut glikosida – stevioside serta rebaudioside A. Senyawa ini tidaklah mengandung kalori apa pun, namun 450 kali lebih lanjut manis daripada gula.

Stevia bisa saja Anda gunakan sebagai substitusi gula pasir untuk masakan maupun minuman seperti teh atau kopi.

2. Pure Buah

Kemudian ada pure buah atau buah yang mana dihaluskan. Bila Anda berniat menyebabkan kue namun kesulitan mendapat gula pasir, pure buah bisa saja bermetamorfosis menjadi solusi untuk menambahkan rasa manis.

Semua buah menawarkan khasiat kesehatan dikarenakan nutrisinya. Misalnya pisang tumbuk kaya akan folat, mangan, magnesium, dan juga vitamin B6 juga C. Berbeda dengan gula pasir, buah umumnya dikaitkan dengan bervariasi kegunaan kesehatan, diantaranya penurunan risiko penyakit kronis.

3. Madu

Selanjutnya ada madu. Madu mengandung sebagian vitamin lalu mineral, dan juga berbagai senyawa tumbuhan yang tersebut memberikan kegunaan antiinflamasi juga antioksidan.

Senyawa madu seperti polifenol madu dapat membantu memodulasi peradangan dalam tubuh. Madu juga mempunyai indeks glikemik (GI) yang digunakan sedikit tambahan rendah dibandingkan gula pasir.

Madu sanggup menjadi pengganti gula untuk beragam makanan mulai masakan, kue, hingga minuman.

4. Sirup Maple

Satu lagi ada siru maple. Bahan ini mengandung beberapa jumlah mineral, salah satunya kalsium, potasium, zat besi, seng, dan juga mangan. Selain itu, sirup maple juga kaya akan senyawa fenolik seperti lignan lalu kumarin yang miliki efek antiinflamasi juga antioksidan.

Sirup maple dapat Anda gunakan untuk mempermanis makanan seperti pancake atau tambahan untuk minuman. Bahan pangan ini sanggup bermetamorfosis menjadi alternatif di dalam pada waktu gula pasir langka.

Artikel ini disadur dari 4 Bahan Pangan Pengganti Gula Pasir yang Lagi Mahal, Lebih Sehat