Teknologi

Waspada Elon Musk Palsu, Perempuan Korea Tertipu Bermacam-macam Juta

16
×

Waspada Elon Musk Palsu, Perempuan Korea Tertipu Bermacam-macam Juta

Sebarkan artikel ini
Waspada Elon Musk Palsu, Perempuan Korea Tertipu Bermacam-macam Juta

JAKARTA – Nama bos Tesla Elon Musk dicatut untuk menipu seseorang perempuan kaya dari Korea Selatan. Elon Musk palsu yang dimaksud mengklaim mampu menghasilkan perempuan itu lebih lanjut kaya lagi dengan membantunya menginvestasikan uangnya.

Penipu yang menyamar sebagai Musk berteman dengan perempuan itu di dalam Instagram. Si penipu mengaku menghubungi korbannya secara acak. Begitu pula perempuan Korsel yang tersebut mengaku kehilangan Rupiah 810 juta.

“Pada 17 Juli tahun lalu, Musk menambahkan saya sebagai teman dalam Instagram. Meskipun saya penggemar berat Musk setelahnya membaca biografinya, saya awalnya ragu,” kata perempuan yang menolak memberikan nama aslinya, terhadap penyiar Korea Selatan KBS di wawancara “In Depth 60 Minutes” yang ditayangkan pada 19 April.

The Korea Herald melansir, Kamis (25/4/2024) orang yang terluka mulai percaya bahwa beliau sedang berbicara dengan Elon Musk yang mana asli setelahnya pendatang yang digunakan beliau ajak bicara mengiriminya foto-foto ID Musk lalu gambar dirinya di dalam tempat kerja. “Penipu berbicara tentang anak-anaknya serta tentang naik helikopter untuk bekerja di dalam Tesla atau Space X,” kata perempuan tersebut.

Elon Musk palsu itu bahkan membagikan detail tentang reuni yang dimaksud dikerjakan Musk asli dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol pada April 2023. Penipu itu mengemukakan Yoon memberi tahu Musk untuk merancang Gigafactory Tesla pada Seoul serta Jeju.

“Musk bahkan berkata ‘Aku mencintaimu, tahukah kamu itu?’ ketika kami melakukan panggilan video,” kata perempuan itu, merujuk pada panggilan video dengan apa yang digunakan kemungkinan besar merupakan deepfake dari Musk.

Perempuan itu mengungkapkan penipu yang dimaksud akhirnya berhasil meyakinkannya untuk mentransfer uang ke akun bank yang digunakan diklaim milik salah satu karyawan Korea miliknya. Penipuan melawan nama cinta juga merupakan permasalahan yang dimaksud sangat nyata pada AS. Menurut Komisi Perdagangan Federal, penipu cinta berhasil meraup Rupiah 21 miliar dari orang yang terdampar pada 2022.

Insiden ini juga tidak yang digunakan pertama kali seseorang berharap mendapatkan ketenaran atau kekayaan dengan memanfaatkan nama Musk. Di China, pribadi doppelgänger atau pemukim yang tersebut mirip Musk bernama Yilong Ma telah dilakukan memposting video dirinya pada TikTok.

Video yang dimaksud telah dilakukan mendebarkan perhatian Elon Musk , yang dimaksud mempertanyakan apakah Ma warga sungguhan. “Saya ingin bertemu warga ini (jika beliau nyata). Sulit untuk mengungkapkan dengan deepfake akhir-akhir ini,” kata Musk tentang Ma pada sebuah posting X pada Mei 2022.

Artikel ini disadur dari Waspada Elon Musk Palsu, Perempuan Korea Tertipu Ratusan Juta