Teknologi

Tren Pemanfaatan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Dunia Maya Tetap Lancar

17
×

Tren Pemanfaatan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Dunia Maya Tetap Lancar

Sebarkan artikel ini
Tren Pemanfaatan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Planet Maya Tetap Lancar

JAKARTA – Adopsi mesh Wi-Fi semakin populer. Terutama, pada rumah tingkat sewaktu per individu anggota keluarga butuh internet cepat di seluruh penjuru rumah.

Mesh Wi-Fi sendiri berperan sebagai “jala pemancar sinyal” dari router utama yang digunakan terhubung pada layanan penyedia jaringan Internet. Alat ini akan membantu menguatkan sinyal Wi-Fi dalam seluruh penjuru rumah. Khususnya, pada tempat-tempat yang digunakan tidak ada terdeteksi.

Kebutuhan terhadap Mesh Wi-Fi ini belakangan semakin tinggi, keperluan akan sinyal W-Fi yang mana stabil ke seluruh penjuru rumah. Peralatan seperti TP-Link Deco X10 tak sekadar berfungsi sebagai mesh Wi-Fi saja.

Namun, miliki dukungan seperti aplikasi mobile Deco yang miliki banyak fungsi. Salah satunya Parental Controls untuk membatasi konsumsi internet dalam rumah, juga fasilitas keamanan untuk menyavoid spam.

1. Perangkat

Tren Pemakaian Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Siber Tetap Lancar

TP-Link Deco X10 dipasarkan pada opsi 1, 2, lalu 3 pack. Di marketplace, tarif Deco X10 adalah Rp1,8 juta. 1 unit Deco X10 bisa saja mengkover wilayah hingga 185 meter persegi. Artinya, untuk rumah 2 lantai sebenarnya cukup 1 atau 2 unit Deco X10 saja.

Desainnya sendiri elegan, dengan warna putih serta terlihat indah sebagai “pajangan”. Di pada dus bawaan, pengguna sudah ada mendapatkan kabel power adapter juga ethernet untuk dicolok ke modem.

Proses instalasi pun mudah. Hanya cuma setelahnya itu pengguna perlu melakukan penyetelan ulang beberapa perangkat elektronik dikarenakan jaringannya baru. Misalnya apabila pada rumah memakai CCTV, Smart TV, lampu pintar, kemudian lainnya.

2. Penggunaan

Tren Pemanfaatan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Dunia Maya Tetap Lancar

Cara menggunakan Deco X10 sederhana. Lakukan langkah ini:

– Hubungkan modem internet ke Deco unit utama melalui kabel Ethernet.
– Hubungkan Deco unit lainnya ke stopkontak lalu tunggu hingga LED menyala.
– Buka program TP-Link Deco juga ikuti petunjuk ke layar untuk menyelesaikan pengaturan.

Beberapa fasilitas Deco X10 yang digunakan perlu dicermati:

– AI-Driven Mesh: Fitur ini diaktifkan secara otomatis.
– Parental Controls: Buka aplikasi mobile Deco, pilih “More” > “Parental Controls”.
– Guest Wi-Fi: Buka perangkat lunak Deco, pilih “Wi-Fi” > “Guest Wi-Fi”.
– Network Optimization: Buka program Deco, pilih “More” > “Tools” > “Network Optimization”. Penggunawan bisa saja memantau performa dan juga penyelenggaraan internet Deco X10.

3. Penempatan

Perangkat mesh Wi-Fi seperti Deco X10 idealnya diletakkan ke lokasi sentral. Hindari penempatan di dekat benda logam, elektronik, atau tembok tebal. Performa optimal untuk satu unit Deco X10 mampu mengkover 185 meter persegi. Jadi cukup luas.

4. Fitur-fitur

Tren Pengaplikasian Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Jaringan Internet Tetap Lancar

Konfigurasi program TP-Link Deco sebenarnya tidak ada terlalu sulit. Setelah mengunduh Deco X10, pengguna bisa saja menyesuaiakan pengaturan seperti nama jaringan, kata sandi, dan juga kontrol pendatang tua. Penggunawan bisa jadi mengaktifkan layanan AI-Driven Mesh untuk optimasi jaringan otomatis.

Fitur Parental Controls cocok dipakai untuk mengontrol akses internet anak-anak. Misalnya, warga tua bisa jadi menonaktifkan Wi-Fi untuk perangkat dan juga IP Address tertentu.

Artikel ini disadur dari Tren Penggunaan Mesh Wi-Fi, Jala Pemancar Sinyal Agar Internet Tetap Lancar