Teknologi

Sentuh Tubuh Jurnalis, Robot Humanoid Hal ini Diminta Disetel Ulang

34
×

Sentuh Tubuh Jurnalis, Robot Humanoid Hal ini Diminta Disetel Ulang

Sebarkan artikel ini
Sentuh Tubuh Jurnalis, Robot Humanoid Hal ini Diminta Disetel Ulang

WAHYU BUDI SANTOSO – Robot humanoid pada Arab Saudi menuai kontroversi, akibat ‘menyentuh’ manusia jurnalis wanita pada waktu siaran langsung.

Cuplikan dari acara DeepFest minggu kemudian menunjukkan robot yang dimaksud melakukan debut publiknya dan juga diduga mencoba melakukan ‘sentuhan’ yang mana tiada pantas.

Sang jurnalis pun kaget sekaligus bereaksi setelahnya ‘disentuj’ sedemikian rupa.

Klip yang mana sudah pernah ditonton tambahan dari 800.000 kali ke media sosial ini pun menuai beraneka reaksi, bahkan ada yang mana mengklaim bahwa robot yang mana juga bisa saja berbicara dua bahasa yang disebutkan melakukan ‘pelecehan fisik’ kemudian menyebutnya sebagai ‘robot gatal’.

Meski mendapat sejumlah komentar negatif, ada juga pengguna media sosial yang tersebut membela robot yang disebutkan serta percaya bahwa hal itu mungkin saja ada hubungannya dengan permasalahan teknis yang mana membuatnya berperilaku seperti ini.

“Perancang robot harus mengidentifikasi hambatan sebenarnya,” kata salah satu warganet seperti dilansir dari Arab News, Hari Minggu (10/3/2024).

Diketahui bahwa robot yang disebutkan diproduksi oleh QSS Systems di dalam bawah inisiatif nasional untuk menunjukkan kemajuan membanggakan Riyadh pada teknologi kecerdasan buatan (AI).

Artikel ini disadur dari Sentuh Tubuh Jurnalis, Robot Humanoid Ini Diminta Disetel Ulang