Sports

Senang kemudian Sedih Shin Tae-yong usai Pulangkan Korea Selatan dari Piala Asia U-23: Saya Profesional!

19
×

Senang kemudian Sedih Shin Tae-yong usai Pulangkan Korea Selatan dari Piala Asia U-23: Saya Profesional!

Sebarkan artikel ini
Senang kemudian Sedih Shin Tae-yong usai Pulangkan Korea Selatan dari Piala Asia U-23: Saya Profesional!

DOHA – Kepelatihan Tim Nasional (Timnas) Indonesi U-23, Shin Tae-yong merasa senang sekaligus sedih ketika timnya berhasil menyingkirkan Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 2024. Walau begitu, Shin mengakui ini merupakan tanggung jawab profesional seseorang pelatih.

Timnas Nusantara U-23 baru cuma mengalahkan Korea Selatan U-23 lewat fase adu penalti dengan skor 2-2 (11-10) di perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Kompetisi sengit itu berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar pada Hari Jumat (26/4/2024) dini hari WIB.

Dua gol di waktu normal untuk Garuda Muda dicatatkan oleh dua sepakan ciamik dari Rafael Struick (15’, 45+3’). Sedangkan, Korea Selatan U-23 membalaskan via gol bunuh diri Komang Teguh (45’), kemudian Jeong Sang-bin (84’).

Di fase adu penalti, sebelas penendang Garuda Muda sukses menuntaskan tugasnya dengan baik. Tendangan terukur dari Pratama Arhan kemudian mengakhiri drama adu penalti untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23 dengan skor 11-10.

Shin mengaku perasaannya campur-aduk di mana berhasil mengantar Timnas Indonesia U-23 tembus semifinal. Namun begitu, instruktur dengan syarat Korea Selatan itu merasa lega lantaran sanggup bersikap profesional sebagai ahli Garuda Muda.

“Sejujurnya saya merasa senang, tetapi pada ketika yang dimaksud sebanding saya juga merasa sedikit sedih. Bagaimanapun pemenang sudah ada ditentukan. Dan sekarang saya sedang mengambil tanggung jawab sebagai ahli Timnas Tanah Air U-23, jadi saya melakukan yang digunakan terbaik untuk itu,” kata Shin pada konferensi pers pascalaga, Hari Jumat (26/4/2024).

Lebih lanjut, Shin tak lupa berterima kasih untuk semua pihak yang digunakan telah lama memperkuat Timnas Indonesia U-23. Dia pun bangga dengan keberhasilan Rizky Ridho kemudian kolega menuliskan sejarah baru bagi Timnas Indonesi U-23.

“Saya ingin memaparkan terima kasih berbagai terhadap para pemain, PSSI, serta semua penggemar yang dimaksud sudah ada menggalang kami,” tutur Shin.

Sementara itu, hasil ini menghasilkan Korea Selatan U-23 resmi tersingkir dari Piala Asia U-23 2024. Sedangkan, Timnas Nusantara U-23 berhak melaju ke empat besar dan juga akan berhadapan dengan pemenang laga Uzbekistan U-23 versus Arab Saudi U-23.

Artikel ini disadur dari Senang dan Sedih Shin Tae-yong usai Pulangkan Korea Selatan dari Piala Asia U-23: Saya Profesional!