Berita

Rayakan Hari Kartini, Bermacam-macam Polwan Ikuti Donor Darah dalam Sepolwan

17
×

Rayakan Hari Kartini, Bermacam-macam Polwan Ikuti Donor Darah dalam Sepolwan

Sebarkan artikel ini
Rayakan Hari Kartini, Bermacam-macam Polwan Ikuti Donor Darah pada Sepolwan

JAKARTA – Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) dengan Palang Merah Nusantara (PMI) mengadakan kegiatan donor darah dalam Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) di Jakarta. Acara itu merupakan bagian dari perayaan Hari Kartini 2024.

“Donor darah ini kegiatan tiga bulanan kami, dengan tema ‘Donor Darah dengan Perempuan Tangguh untuk Negeri’. Acara ini juga sebagai bentuk perayaan Hari Kartini akibat bulan April ini adalah bulan peringatan tegas Kartini,” ujar Ketua Srikandi Donor Darah Indonesia, Nunun Daradjatun pada wartawan, Hari Jumat (26/4/2024).

Menurutnya, kegiatan donor darah itu bukan cuma dijalankan ke Sepolwan, namun akan dikerjakan dengan berkeliling ke bervariasi institusi kemudian kampus hingga ke mal. Adapun dengan diadakannya kegiatan donor darah di dalam Sepolwan itu, PMI pun berhasil memenuhi target pemenuhan stok kantong darah tiap harinya.

“PMI menyiapkan 300 kantong, sebenarnya polwannya ada 670 maunya ke semua, tapi kan PMI pada setiap harinya ke satu tempat cuma sanggup menyiapkan 300 kantong. Insya Allah 300 kantong terpenuhi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi pun menyambut baik kegiatan donor darah itu lantaran sangat membantu PMI di memenuhi stok darah untuk rumah sakit pada DKI Jakarta dan juga sekitarnya.

Tidak hanya saja memperingati Hari Kartini, tetapi kegiatan itu dinilai telah lama memberikan sumbangan berarti pada penyediaan stok darah bagi dia yang tersebut membutuhkan ke rumah sakit kemudian rumah bersalin.

“Kegiatan ini sangat membantu PMI pada menyediakan stok darah, akibat setiap harinya PMI harus mendistribusikan 1.200 kantong darah ke rumah sakit dan juga rumah bersalin. Jadi, darah yang mana akan kita siapkan (untuk) kawan-kawan kita yang tersebut membutuhkan darah pada rumah sakit kemudian rumah bersalin,” kata Rustam.

Artikel ini disadur dari Rayakan Hari Kartini, Ratusan Polwan Ikuti Donor Darah di Sepolwan