Sports

Phil Foden Kembali Memperkuat Timnas Inggris pada Euro 2024, Ini adalah Serba-serbi tentang DIa

23
×

Phil Foden Kembali Memperkuat Timnas Inggris pada Euro 2024, Ini adalah Serba-serbi tentang DIa

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Nama Phil Foden baru-baru ini disoroti pasca kembali berlatih dengan kelompok nasional atau timnas Inggris menjauhi pertandingan fase 16 besar Euro 2024 melawan Slovakia, Minggu, 30 Juni 2024. Sebelumnya, ia terlibat bermain pada pertandingan menghadapi Slovenia pada Koln yang mana berakhir dengan skor imbang 0-0, hasil yang memverifikasi Inggris sebagai juara Grup C.

Ia sempat meninggalkan timnas Inggris  menjelang fase 16 besar, tepatnya setelahnya lolos dari fase grup, lantaran ada urusan pribadi.

1. Siapa Phil Foden?.

Dikutip dari Transfermarkt, Phil Foden pesepak bola Inggris yang dimaksud lahir ke Stockport pada 28 Mei 2000. Dia bergabung dengan akademi Manchester City pada usia 8 tahun. Dia berubah menjadi bagian dari klub yang dimaksud pada 2016. Pada 21 November 2017, Foden melakukan debut profesional dengan Manchester City di pertandingan Kompetisi Champions berhadapan dengan Feyenoord. 

2. Rekor

Pada 6 Desember 2017, Foden menjadi pemain Inggris termuda yang mana berubah jadi starter di pertandingan Turnamen Champions pada usia 17 tahun 192 hari. Ia memecahkan rekor yang mana sebelumnya dipegang oleh mantan gelandang Chelsea Josh McEachran.

Foden terus berubah menjadi bagian penting dari skuad Manchester City. Di bawah asuhan Pep Guardiola, ia tumbuh bermetamorfosis menjadi salah satu gelandang serang yang digunakan mumpuni. Pada usia 22 tahun, Foden telah lama meraih berbagai trofi di antaranya Turnamen Champions, Turnamen Premier lima kali, trofi EFL empat kali, dua medali pemenang Piala FA, dan juga dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik PFA. 

Dia juga mendapat julukan The Stockport Iniesta merujuk legenda Barcelona, yang mencetak gol kemenangan bagi Spanyol di dalam final Piala Dunia  2010. Pada 2024, ia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Pria Tahun Ini adalah versi Football Writers’ Association.

3. Timnas Inggris

Foden bagian dari bermacam level pasukan nasional atau timnas mulai dari grup U-16 hingga kelompok senior. Foden sudah pernah menunjukkan kemampuannya sebagai pemain kunci di skuad Inggris.

Dikutip dari Planet Sport, Foden mencetak gol di dalam final Kejuaraan U-17 Eropa UEFA 2017 pada waktu Inggris kalah dari Spanyol melalui adu penalti. Inggris berjuang kembali dan juga Foden mencetak dua gol pada final Piala Global U-17 berhadapan dengan Spanyol pada waktu Inggris mengungguli kompetisi tersebut. Foden dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Di Kejuaraan UEFA U-21 2019, Foden mencetak gol pertamanya dalam level usia yang disebutkan untuk Inggris di kekalahan 2-1 dari Prancis. 

4. Debut Senior

Foden melakukan debut seniornya untuk regu nasional Inggris pada 5 September 2020 di kemenangan tandang satu-nol UEFA Nations League berhadapan dengan Islandia. Pada 2021, Foden bermetamorfosis menjadi bagian dari skuad timnas Inggris pada kompetisi Eropa, UEFA Euro 2020. Kala itu, Inggris tak bermetamorfosis menjadi juara. 

Foden dipanggil ke skuad Inggris untuk Piala Global 2022 pada Qatar, serta mencetak gol kedua pada kemenangan 3-0 pada fase penyisihan grup melawan Wales. Foden dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Tahunan oleh beragam organisasi lalu media olahraga. Penghargaan yang disebutkan mencakup PFA Young Player of the Year dan juga Golden Boy Award.

Artikel ini disadur dari Phil Foden Kembali Memperkuat Timnas Inggris di Euro 2024, Ini Serba-serbi tentang DIa