Sports

Instruktur Satoru Mochizuki Ungkap Penyebab Timnas Putri Negara Indonesia Gelar Latihan Siang Hari

16
×

Instruktur Satoru Mochizuki Ungkap Penyebab Timnas Putri Negara Indonesia Gelar Latihan Siang Hari

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Timnas Putri Indonesia menyelenggarakan latihan kedua sebagai persiapan menghadapi program FIFA Matchday pada Lapangan Rugby Gelora Bung Karno, Senayan, DKI Jakarta Pusat, Rabu, 26 Juni 2024. Pelatih kepala Timnas Putri, Satoru Mochizuki, mengungkapkan adanya unsur teknis lapangan sebagai pendorong latihan berlangsung siang hari.

Satoru beserta jajaran kepelatihannya tiba lebih besar dulu tiba dalam lokasi pada pukul 14.00 WIB. Sekitar 10 menit kemudian, para pemain baru datang menggunakan bus Timnas Indonesia. Latihan pun baru dimulai pukul 14.30 WIB. “Saya sebenarnya ingin menyelenggarakan latihan pukul 4 sore, tetapi dikarenakan alasan teknis makannya latihan harus dilakukan jam 2 siang,” ujar beliau ketika ditemui seusai mengawasi latihan.

Sesi kali ini diawali dengan latihan operan atau passing. Para pemain dibagi ke pada dua sisi kemudian bergantian mengoper bola pada berada dalam lapangan. Tampak dua calon pemain naturalisasi Timnas Putri Indonesia, Noa Leatomu serta Estella Loupatty, turut hadir di kegiatan tersebut. Namun, beberapa pemain inti, seperti Zahra Muzdalifah, Helsya Maeisyaroh, juga Claudia Scheunemann belum bergabung.

Latihan kemudian dilanjutkan dengan sesi internal game yang mana terbagi berhadapan dengan empat babak. Setiap babak, pertandingan dilakukan selama 10 menit. Satoru mengungkapkan hal ini sebagai upaya untuk menyiasati kondisi anak asuhnya yang bermain dalam bawah pancaran sinar terik matahari.

“Yang saya lihat para pemain tadi beberapa ada yang digunakan kepanasan dan juga kami lihat ekspresinya masih datar. Mungkin oleh sebab itu capek dan juga panas. Makanya tadi kami potong game-nya per 10 menit,” ucap ahli yang dimaksud akrab disapa coach Mochi tersebut.

“Seharusnya, level tim nasional apalagi senior, dengan cuaca panas seperti ini tiada ada masalah. Tapi, saya tiada ingin memaksakan pemain agar tak cedera. Beberapa juga ada yang digunakan bergabung dalam klub, nanti kalau dipulangkan takurnya cedera. Saya tidaklah mau hal itu terjadi,” kata ia menambahkan.

Estella Loupatty, bahkan,sampai harus menepi tambahan dulu dari pembukaan latihan. Mukanya terlihat memerah setelahnya kurang lebih tinggi dua kali bermain dalam internal game. Penyerang berusia 20 tahun itu pun segera mendapat perawatan dari staff kepelatihan.

Timnas Putri Negara Indonesia diagendakan bertandang ke markas Hong Kong untuk laga FIFA Matchday pada 11 kemudian 14 Juli 2024. Satoru pada waktu ini pihaknya masih menyeleksi pemain untuk mengisi skuad utama tim. “Jadi kemungkinan besar pada akhir akan dikerucutkan berubah jadi 20 pemain, sekarang ada 25 kurang lebih tinggi dan juga akan bertambah lagi lima pemain,” ucap Satoru.

Artikel ini disadur dari Pelatih Satoru Mochizuki Ungkap Penyebab Timnas Putri Indonesia Gelar Latihan Siang Hari