Ekonomi Bisnis

Masa Ramadan dan juga Idul Fitri (RAFI) 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

18
×

Masa Ramadan dan juga Idul Fitri (RAFI) 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Sebarkan artikel ini
Masa Ramadan lalu juga Idul Fitri (RAFI) 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

JAKARTA – Tidak belaka melancarkan arus mudik dan juga balik pada jalur darat, Pertamina Patra Niaga juga melakukan konfirmasi kelancaran perjalanan bagi pengguna pesawat udara. Di Tahun 2024 sendiri, tercatat 7,4 jt warga menggunakan pesawat kemudian tercatat 55 ribu lebih besar pergerakan pesawat tercatat ke periode Ramadhan lalu Idul Fitri.

Direktur Pemasaran Pusat serta Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya memaparkan peningkatan konsumsi Avtur sempat melonjak selama puncak arus mudik Lebaran yang digunakan terjadi pada 5-7 April kemudian puncak arus balik Lebaran pada 15 April.

“Selama periode Satgas RAFI dibandingkan normal untuk Avtur naik sekitar 10,7%. Perbaikan ini tambahan besar dibandingkan proyeksi awal yang mana kami hitung, namun semuanya dapat kami penuhi,” terang Maya.

Pertamina Patra Niaga mencatat, puncak kenaikan Avtur muncul pada 6 April (H-4) sebesar 31% dibandingkan hari normal. Sedangkan pada arus balik, puncak konsumsi terbentuk pada tanggal 15 April (H+5) yaitu 18% dibandingkan konsumsi normal.

“Guna memverifikasi peningkatan permintaan tersebut, sepanjang libur lebaran lalu, Pertamina Patra Niaga terus mempertahankan stok Avtur di dalam Depot Pengisian Pesawat Atmosfer (DPPU) setiap saat pada situasi aman. Selain itu, regu kami juga standby 24 jam untuk berkoordinasi dengan maskapai dan juga pihak berwenang bandara untuk antisipasi layanan juga tambahan jadwal penerbangan,” tambah Maya.

Dalam periode Idulfitri lalu, tercatat lonjakan penyaluran tertinggi terjadi di dalam bandara Ngurah Rai Bali sekitar 16%, Soekarno Hatta Ibukota Indonesia 13%, Juanda Surabaya dan juga Halim Pertama Kusuma sebesar 10%, juga Hassanuddin Makassar sebesar 5%.

Untuk menjamin layanan Avtur ketika lonjakan konsumsi pada momen besar seperti Idulfitri lalu, Maya menyatakan bahwa Pertamina Patra Niaga terus-menerus miliki strategi utama, yakni merawat ketahanan stok Avtur dan juga dan juga menyiagakan tim untuk memonitor real time tahapan penyaluran dan juga layanan Avtur terhadap maskapai penerbangan.

“Pertamina Patra Niaga mengemban amanah penting di penyaluran Avtur pada momen besar, misalkan libur panjang, hari raya, atau ketika musim haji, lalu semua ini harus kesiapan ekstra, bukan belaka dalam bandara besar namun juga bandara perintis. Ini adalah berubah jadi peran kami untuk menunjang konektivitas masyarakat. Kami juga berterima kasih terhadap seluruh pihak lalu instansi yang memperkuat upaya Pertamina Patra Niaga, serta kedepan kami akan terus memperat koordinasi sehingga penyaluran Avtur ini bisa saja terlayani dengan maksimal,” tukas Maya.

Artikel ini disadur dari Masa Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%