Berita

Bekerjasama Kemenag, KPI, kemudian MUI, Hal ini Daftar Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

10
×

Bekerjasama Kemenag, KPI, kemudian MUI, Hal ini Daftar Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

Sebarkan artikel ini
Bekerjasama Kemenag, KPI, kemudian MUI, Hal ini Daftar Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024

JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) kemudian Komisi Penyiaran Negara Indonesia (KPI) merilis pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024. Gelaran yang disebutkan merupakan event pemberian penghargaan bagi kegiatan siaran keagamaan terbaik dalam bulan Ramadan.

Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag Ahmad Zayadi mengatakan, Anugerah Syiar Ramadan 2024 mempunyai tema “Merajut Persatuan Melalui Siaran Ramadan yang mana Menyejukkan”. Tema yang dimaksud menyokong lembaga penyiaran pada menyuguhkan acara siaran berkualitas yang mana menyejukkan serta fit selama Ramadan.

“Anugerah Syiar Ramadan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran lembaga penyiaran di menyuguhkan acara siaran yang digunakan tiada hanya saja sehat, tapi juga berkualitas. Kita ingin acara siaran keagamaan yang dimaksud mampu menguatkan pemahaman kemudian praktik keagamaan yang digunakan moderat, tentu dengan wawasan kebangsaan yang mana kuat,” ujar Zayadi ke Jakarta, Kamis (9/5/2024).

Kasubdit Seni Budaya lalu Siaran Keagamaan Islam Wida Sukmawati menuturkan acara Anugerah Syiar Ramadan tahun ini melibatkan 394 kegiatan siaran. Angka itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai 303 program.

“Antusiasme partisipan Anugerah Syiar Ramadan tahun ini cukup tinggi. Ada peningkatan sekitar 90 program, yang mana mendaftar juga berasal dari 80 lembaga penyiaran TV juga radio. Sementara itu untuk inisiatif siaran kurang lebih lanjut berjumlah 300 program,” kata Wida.

Proses penilaian direalisasikan Tim Juri yang dimaksud terdiri dari Komisi I DPR, Komisioner KPI Pusat, Majelis Ulama Nusantara (MUI), Kemenag, juga ormas seperti Fatayat Nahdlatul Ulama lalu Nasyiatul Aisyiyah.

Dewan juri miliki kriteria penilaian yang diterapkan seperti harus memenuhi pedoman penyiaran, waktu penyiaran harus tayang pada waktu bulan Ramadan 2024, selaras dengan semangat Ramadan, tak pernah mendapatkan sanksi dari KPI, juga kegiatan siaran baru atau kemas ulang.

“Juri yang mana mengkaji pada kompetisi ini miliki kompetensi yang mana dapat dipercaya serta dipertanggungjawabkan. Sudah berubah menjadi kepastian penilaian yang mana diberikan obyektif lalu independen, sehingga kegiatan siaran yang dimaksud mendapat anugerah merupakan inisiatif terbaik dari yang mana terbaik,” ungkap Wida.

Berikut daftar pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024:

1. Dakwah Non-Talkshow (Ceramah) : TVOne – Damai Indonesiaku Spesial Ramadan
2. Dakwah Non-Talkshow (Kultum) : SCTV – Mutiara Hati
3. Dakwah Talkshow (Dialog) : TRANS7 – Cinta Surga Cinta Islam
4. Wisata Budaya : TVRI – Pesona Indonesia
5. Animasi Nusantara : RTV – Ibra Berkisah
6. Animasi Luar Negeri : MNCTV – Upin Ipin
7. Sinetron : SCTV – Para Pencari Tuhan Jilid 17
8. Ajang Bakat : RCTI – Hafiz Tanah Air 2024
9. Film/FTV Religi : INDOSIAR – Pintu Berkah Spesial Ramadan
10. Feature : CNN Indonesi – CNN Negara Indonesia Heroes
11. Dokumenter : TRANS7 – Jejak Al-Qur’an
12. Liputan Ramadan (TV) : TRANS7 – The Police
13. Variety/Reality Show : TRANS7 – Sahur Lebih Segerrrr
14. ILM Ramadan (TV) : TRANS7 – Imbauan Mudik Si Gundul
15. Dakwah Radio (Kultum) : Fast FM – Magelang Mutiara Ramadan
16. Dakwah Radio (Talkshow/Dialog) : RRI Gorontalo – Tauladan
17. Liputan Ramadan (Radio) : Sonora FM – Liputan dari Reporter Radio Sonora
18. Wisata Budaya (Radio) : RRI Bandung – Majalah Udara
19. Feature (Radio) : RRI Malang – Laku Puasa Dalam Publik Jawa
20. ILM Ramadan (Radio) : RRI Bandung – Sucikan Diri
21. Dai Wilayah 3T Inspiratif : Helmy Hidayatulloh yang tersebut mengabdi ke Dompu Nusa Tenggara Barat, Amal Khairat pada Kepulauan Mentawai Sulawesi Barat, Saddam Husain ke Majene Sulawesi Barat, lalu Didiek Srimulya Ahmad pada Belitung Kepulauan Bangka Belitung.

Artikel ini disadur dari Kolaborasi Kemenag, KPI, dan MUI, Ini Daftar Pemenang Anugerah Syiar Ramadan 2024