Berita

Apa Pekerjaan Densus 88 Antiteror Polri? Simak Penerangan Lengkapnya

11
×

Apa Pekerjaan Densus 88 Antiteror Polri? Simak Penerangan Lengkapnya

Sebarkan artikel ini
Apa Pekerjaan Densus 88 Antiteror Polri? Simak Penerangan Lengkapnya

JAKARTA – Apa tugas Densus 88 Antiteror Polri ? Satuan khusus ini sudah ada berbagai dikenal masyarakat terkait tugasnya yang berkaitan dengan pemberantasan terorisme.

Berbicara terkait tugas Densus 88 Antiteror, kebanyakan pemukim berpikir kemungkinan besar belaka menangani aksi terorisme saja. Namun, sebenarnya tugas dari satuan khusus ini lebih tinggi dari itu.

Satuan yang tersebut terbentuk pada tahun 2003 ini telah lama berubah menjadi unsur pelaksana pokok bidang penanggulangan aksi pidana terorisme dalam Indonesia.

Anggota Densus 88 AT dilatih khusus untuk menangani segala jenis ancaman terorisme baik terkait kelompok bersenjata maupun teror bom.

Karena itu, satuan ini dibentuk secara khusus agar setiap anggotanya memiliki kemampuan menangani gangguan mental teroris mulai dari ancaman bom hingga penyanderaan.

Tugas Densus 88 Antiteror Polri

Pada dasarnya tugas Densus 88 memanglah sangat berkaitan dengan penanggulangan kemudian penindakan aksi terorisme. Dalam tugasnya itu, mereka itu bertanggung jawab menyelenggarakan kegiatan intelijen, pencegahan, penindakan, penyidikan, identifikasi, kemudian sosialisasi terkait terorisme.

Satuan ini dibentuk untuk melaksanakan UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas UU Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan eksekutif Pengganti Undang-Undang Nomor 01 Tahun 2002 terkait Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.

UU ini merupakan kewenangan mereka itu untuk melakukan penegakan hukum terhadap teroris berdasarkan bukti dari laporan intelijen selama 7×24 jam.

Densus 88 ke pusat (Mabes Polri) berkekuatan diperkirakan 400 personel terdiri dari ahli investigasi, ahli materi peledak (penjinak bom), kemudian unit pemukul yang dalam dalamnya terdapat ahli penembak jitu.

Selain itu, masing-masing kepolisian tempat juga miliki unit antiteror yang disebut Densus 88 beranggotakan 45-75 orang, namun dengan infrastruktur kemudian kemampuan yang mana lebih lanjut terbatas.

Fungsi Densus 88 Polda adalah memeriksa laporan aktivitas teror pada daerah. Melakukan penangkapan terhadap personel atau seseorang atau sekelompok pemukim yang dimaksud dipastikan merupakan anggota jaringan teroris yang dapat membahayakan keutuhan kemudian keamanan negara.

Artikel ini disadur dari Apa Tugas Densus 88 Antiteror Polri? Simak Penjelasan Lengkapnya