Internasional

Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara

14
×

Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara

Sebarkan artikel ini
Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara

KINGSTON – eksekutif Jamaika telah terjadi mengumumkan bahwa mereka telah lama memutuskan untuk secara resmi mengakui Negara Palestina pasca musyawarah pada kabinet pada hari Hari Senin lalu.

Negara jika musisi Bob Marley yang dimaksud menegaskan kembali dukungannya terhadap gencatan senjata, pembebasan sandera lalu akses bantuan kemanusiaan bagi rakyat Gaza.

“Jamaika terus mengadvokasi solusi dua negara sebagai satu-satunya pilihan yang tersebut layak untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan [Israel-Palestina], menjamin keamanan tanah Israel kemudian menjunjung tinggi martabat serta hak-hak warga Palestina,” kata Menteri Luar Negeri kemudian Perdagangan Mancanegara Jamaika Kamina Johnson Smith pada sebuah pernyataan, yang tersebut dilansir dari Middle East Monitor, Kamis (25/4/2024).

“Dengan mengakui Negara Palestina, Jamaika menguatkan advokasinya menuju solusi damai,” lanjut Smith.

“Keputusan ini sejalan dengan komitmen kuat Jamaika terhadap prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang digunakan bertujuan untuk memulai pembangunan rasa saling menghormati lalu hidup berdampingan secara damai antarnegara, dan juga pengakuan menghadapi hak rakyat untuk menentukan nasib sendiri,” imbuh Smith.

Smith menegaskan kembali dukungan Jamaika terhadap gencatan senjata kemudian akses bantuan kemanusiaan bagi warga Gaza.

“Jamaika terus membantu semua upaya deeskalasi lalu pembentukan perdamaian abadi pada kawasan, memohon semua pihak untuk mempertimbangkan konsekuensi mengerikan dari konflik lebih banyak lanjut juga berazam pada solusi diplomatik yang dimaksud menjamin keselamatan kemudian kedaulatan semua pihak,” kata Smith.

Jamaika sekarang bergabung dengan sekitar 140 negara anggota PBB dan juga 11 negara Komunitas Karibia (CARICOM) yang digunakan sudah mengakui Negara Palestina. Berbagai negara yang disebutkan antara lain Indonesia, Ekuador, Mesir, India, Islandia, Rumania, Polandia, Burundi, Thailand, Tanzania, Irak, Swedia, Rusia, Guyana, Haiti, Suriname, Kuba kemudian Republik Dominika.

Artikel ini disadur dari Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara