Ekonomi Bisnis

Berhasil Bawa UMKM Go Global, Pertamina Kembali Gelar UMK Academy 2024

16
×

Berhasil Bawa UMKM Go Global, Pertamina Kembali Gelar UMK Academy 2024

Sebarkan artikel ini
Berhasil Bawa UMKM Go Global, Pertamina Kembali Gelar UMK Academy 2024

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) terus menunjukkan dukungan terhadap para pelaku Usaha Mikro kemudian Kecil ( UMK ) yang dimaksud menjadi penggerak ekonomi nasional. Tahun ini, Pertamina kembali mengatur UMK Academy 2024 untuk menjaring dan juga mencetak UMK-UMK sehingga mampu meningkatkan produktivitas lalu sanggup naik kelas tambahan cepat.

“Sejak dilakukan pertama kalinya pada 2020, antusiasme para pelaku UMK untuk mengikuti event ini terus meningkat setiap tahunnya. Melalui UMK Academy, Pertamina telah dilakukan berhasil mengakibatkan ribuan UMK naik kelas melalui Go Digital, Go Online, Go Modern hingga Go Global. Kami harap UMK Academy 2024 dapat dihadiri oleh sejumlah partisipan UMK dari seluruh Indonesia,” ujar Vice President CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, di dalam Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Mengambil tema Tenaga Baru Menuju UMK Maju, Pertamina melalui UMK Academy 2024 berikrar menyokong pengembangan UMK yang berkelanjutan sehingga dapat membantu pemberdayaan UMK secara optimal. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yakni pertumbuhan kegiatan ekonomi yang dimaksud inklusif juga berkelanjutan, juga tenaga kerja penuh serta produktif.

“Kami berharap diperkenalkan UMK Academy 2024 bisa jadi memberi energi baru bagi para pelaku UMK agar dapat terus tumbuh lalu forward dan juga memberi faedah bagi rakyat dan juga lingkungan sekitar. Tidak hanya sekali berjaya di dalam negeri sendiri, tapi juga mampu bersaing di dalam pangsa internasional juga berkontribusi ke perekonomian nasional,” ungkap Fajriyah.

Pendaftaran UMK Academy dibuka sejak 21-30 April 2024. Semua UMK dari seluruh Nusantara bisa jadi mendaftar untuk terlibat inisiatif melalui link https://bit.ly/PendaftaranUMKAcademy2024.

Berlangsung selama 5 sampai 6 bulan dengan beberapa macam aktivitas pembinaan lalu pelatihan UMK Academy akan dilaksanakan secara hybrid. Selanjutnya, kontestan yang digunakan terjaring akan menuntaskan inisiatif sampai Desember 2024.

Program pembinaan Pertamina UMK Academy direalisasikan secara terstruktur, berjenjang juga terintegrasi sesuai dengan kebutuhan, tren dan juga tantangan pasar. Mulai dari self-learning melalui e-learning, short course, pendampingan, coaching, sosialisasi, sertifikasi, kurasi UMK Champion kemudian kompetisi UMK Aggregator (Pertapreneur Aggregator).

Program melibatkan para ahli di dalam bidangnya. Di mana, Pertamina UMK Academy didasarkan pada 4 kurikulum pengembangan utama, yaitu : Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global dengan mengintegrasikan prinsip Go Green pada tiap program. Selain pendampingan, pelatihan dan juga sertifikasi, faedah lain bisa jadi didapat partisipan UMK Academy yang menyelesaikan acara merupakan hibah teknologi alat produksi tepat guna senilai total beratus-ratus jt rupiah bagi para Champion.

Usai mengikuti seluruh tahapan program, UKM bisa saja memanfaatkan teori juga praktek yang didapatkan demi menunjang kemajuan usaha. Kemudian diharapkan dapat meningkatkan kualitas, kemampuan, kemandirian UMK agar dapat bersaing tak hanya saja di bursa lokal tapi juga global.

Artikel ini disadur dari Sukses Bawa UMKM Go Global, Pertamina Kembali Gelar UMK Academy 2024