Internasional

Iran Luncurkan Senjata Baru yang digunakan Diklaim Mampu Lumpuhkan Jet Tempur Siluman F-35 Negeri Paman Sam

16
×

Iran Luncurkan Senjata Baru yang digunakan Diklaim Mampu Lumpuhkan Jet Tempur Siluman F-35 Negeri Paman Sam

Sebarkan artikel ini
Iran Luncurkan Senjata Baru yang digunakan Diklaim Mampu Lumpuhkan Jet Tempur Siluman F-35 Negeri Paman Sam

TEHERAN Iran telah dilakukan meluncurkan versi baru yang digunakan di-upgrade dari sistem pertahanan udara jarak terpencil Bavar-373. Senjata baru ini diklaim para pejabat Teheran dapat melumpuhkan jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS).

BAVAR-373, sistem pertahanan udara yang dimaksud diproduksi di dalam di negeri, pertama kali bekerja untuk Angkatan Bersenjata Iran pada tahun 2019.

Kemampuannya telah dilakukan menyita perhatian perbandingan dengan sistem rudal S-300 Rusia, sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh, juga dengan sistem rudal Patriot buatan AS.

Iran meluncurkan iterasi terbaru Bavar-373 selama parade militer 17 April 2024.

Debut senjata itu terjadi pada saat ketegangan antara Iran dan juga tanah Israel berlanjut setelahnya Teheran menanggapi serangan Zionis terhadap konsulat Iran di Suriah pada 1 April dengan meluncurkan banyak drone dan juga rudal terhadap tanah Israel pada 14 April.

Dalam menggambarkan peluncuran Bavar-373 yang dimaksud di-upgrade di parade militer minggu lalu, Special Operations Forces Report (SOFREP) menyampaikan sistem itu berubah jadi tanda perkembangan yang mana signifikan bagi lapangan usaha pertahanan Iran, menampilkan baik kemandiriannya kemudian aspirasinya untuk lebih tinggi berbagai jaringan pertahanan udara lanjutan.

SOFREP mencatatkan data bahwa para pejabat Iran sudah memproduksi klaim berani tentang Bavar-373 yang tersebut baru, diantaranya bahwa sistem yang dimaksud “sepadan atau bahkan melampaui” kemampuan sistem rudal S-400 canggih Rusia.

Tapi klaim Iran yang digunakan paling signifikan adalah bahwa Bavar-373 terbaru dapat mencegat pesawat tempur generasi kelima seperti jet tempur Lockheed Martin F-35, yang dimaksud dilengkapi dengan teknologi siluman yang dirancang untuk mencegah deteksi radar.

“Selain itu, sumber-sumber Iran melaporkan bahwa Bavar-373 yang tersebut di-upgrade menawarkan peningkatan deteksi target lalu pelacakan, yang dimaksud memungkinkannya untuk mengidentifikasi hingga 100 target udara secara bersamaan kemudian melibatkan sejumlah ancaman dengan persenjataan rudal Sayyad-4B-nya,” tulis SOFREP, yang digunakan disitir Newsweek, Selasa (23/4/2024).

Artikel ini disadur dari Iran Luncurkan Senjata Baru yang Diklaim Mampu Lumpuhkan Jet Tempur Siluman F-35 AS