Berita

IP Podcast Meriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024 dalam 33 Provinsi

13
×

IP Podcast Meriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024 dalam 33 Provinsi

Sebarkan artikel ini
IP Podcast Meriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024 pada 33 Provinsi

JAKARTA – Setiap tahun, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia sebagaimana yang tersebut sudah pernah ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) pada Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General Assembly yang mana diadakan pada 25 September sampai dengan 3 Oktober 2000 di dalam Jenewa.

Mulanya, perayaan Hari KI Sedunia ini dikerjakan oleh WIPO untuk mengedukasi masyarakat global tentang pentingnya KI pada menggalakkan pengembangan serta kreativitas. Hal yang dimaksud juga bermetamorfosis menjadi kesempatan untuk memasarkan pelindungan hukum terhadap KI baik personal maupun komunal.

Sebagai instansi yang miliki tugas dan juga fungsi yang tersebut berkaitan dengan pelindungan hukum pada bidang KI, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan juga HAM (Kemenkumham) turut memeriahkan Hari KI Sedunia dengan menyelenggarakan beragam kegiatan, salah satunya Podcast Hari KI Sedunia.

Mengusung tema .Kekayaan Intelektual lalu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan: Membangun Masa Depan dengan Inovasi serta Kreativitas’, Hari KI Sedunia Tahun 2024 mengkaji tentang keterkaitan atau dampak KI terhadap konstruksi suatu negara.

“KI dinilai mempunyai peranan yang digunakan penting untuk mewujudkan agenda-agenda yang mana terdapat di Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh sebab itu KI bukan cuma terkait dengan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga terkait dengan kesehatan, kesejahteraan sosial budaya, kemudian kesetaraan,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen dalam Kantor DJKI, Jakarta, Hari Jumat (26/4/2024).

Pemerintah Tanah Air memberikan perhatian yang digunakan besar terhadap pengembangan sistem ekologi KI, agar mampu menggerakkan forward di rangka meningkatkan kontribusi sektor lapangan usaha yang berbasis kreativitas juga pengembangan untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Podcast Hari KI Sedunia ini dilaksanakan oleh seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham dalam 33 provinsi bertemakan Arti Peringatan Hari KI Sedunia bagi Pembangunan Sistem KI ke Tanah Air dengan tujuan untuk memperkenalkan KI terhadap penduduk ke seluruh Tanah Air juga untuk meningkatkan citra positif melalui Podcast Kantor Wilayah Kemenkumham.

Podcast ini mengundang beberapa narasumber dari stakeholder terkait, salah satunya dari kalangan akademisi. Podcast ini dapat ditonton melalui Youtube Kantor Wilayah Kemenkumham atau DJKI Kemenkumham.

“Melalui rangkaian kegiatan Hari KI Sedunia, kami berharap sinergi lalu kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas kemudian kuantitas pelayanan KI dalam seluruh Indonesia, juga meningkatkan kesadaran serta pemahaman penduduk akan pentingnya pelindungan juga pengelolaan juga pemanfaatan KI,” ujar Min.

Dalam kesempatan tersebut, Min juga menyampaikan harapannya bagi para kreator dan juga inventor Indonesia untuk terus berkarya serta dapat memberikan kontribusi lalu meningkatkan kualitas pembangunan hukum lalu sektor ekonomi di Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, pada tanggal 21–22 Mei 2024 akan dilakukan seminar kemudian pameran KI berlokasi ke Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Data selengkapnya dapat disimak pada kanal media sosial DJKI Kemenkumham.

Artikel ini disadur dari IP Podcast Meriahkan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2024 di 33 Provinsi