Teknologi

Gempa Tektonik M5,5 di Teluk Tomini, BMKG: Terasa Hingga Daerah Perkotaan Gorontalo

23
×

Gempa Tektonik M5,5 di Teluk Tomini, BMKG: Terasa Hingga Daerah Perkotaan Gorontalo

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Gempa tektonik mengguncang wilayah Teluk Tomini, Gorontalo, pada Kamis, 27 Juni 2024 pukul 10.46.32 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi juga Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini miliki parameter update dengan magnitudo M5,5.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,40° Lintang Selatan dan juga 123,22° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di dalam laut pada jarak 104 kilometer tenggara Bonebolango, Gorontalo, pada kedalaman 14 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi serta Tsunami BMKG Daryono mengutarakan dengan lokasi episenter lalu kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang dimaksud terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar berpartisipasi dasar laut.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi miliki mekanisme pergerakan mendatar naik (oblique thrust-fault),” kata Daryono, melalui pernyataan tertulis, Kamis.

Menurut Daryono, gempa bumi ini berdampak serta dirasakan ke area Luwuk dengan skala intensitas III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata pada rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Di area Pohuwatu kemudian Pusat Kota Gorontalo dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata pada rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak ada berisiko tsunami,” kata Daryono

Hingga pukul 11.10 WIB, menurut Daryono, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Daryono mengimbau warga agar terus tenang kemudian tak terpengaruh oleh isu yang digunakan bukan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga memohon warga mengelak bangunan yang digunakan retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Artikel ini disadur dari Gempa Tektonik M5,5 di Teluk Tomini, BMKG: Terasa Hingga Kota Gorontalo