Teknologi

Gebrakan Baru, Elon Musk Ciptakan Alat untuk Bantu Orang Buta Melihat

23
×

Gebrakan Baru, Elon Musk Ciptakan Alat untuk Bantu Orang Buta Melihat

Sebarkan artikel ini
Gebrakan Baru, Elon Musk Ciptakan Alat untuk Bantu Orang Buta Melihat

JAKARTA – Elon Musk menyatakan perusahaannya, Neuralink, berada dalam menciptakan alat baru bernama Blindsight. Gadget inovatif ini diklaim mampu memulihkan penglihatan pendatang buta.

Menurut Musk, Blindsight sudah pernah diuji coba pada monyet serta menunjukkan hasil yang digunakan sangat menjanjikan. Dia menggambarkan pada tahap awal, pengalaman visual yang mana diberikan oleh Blindsight akan mirip dengan grafis Nintendo era 1980-an.

Namun, Musk optimistis seiring berjalannya waktu, teknologi ini akan melampaui kemampuan penglihatan manusia normal.

Kendati demikian, proyek Neuralink bukan lepas dari sorotan publik. Dilansir dari Daily Mail, Awal Minggu (25/3/2024), beberapa jumlah pihak mengkhawatirkan pendekatan perusahaan di penelitian kemudian pengujian produknya, khususnya terkait dengan penderitaan hewan pada percobaan. Sama seperti proyek implan otak Neuralink sebelumnya.

Meski menghadapi banyak tantangan, proyek- proyek Neuralink , termasuk proyek Blindsight, mewakili langkah forward di penelitian antarmuka otak-komputer lalu pemulihan penglihatan. Dengan persetujuan FDA untuk melanjutkan uji coba pada manusia, Neuralink diprediksi akan terus bermetamorfosis menjadi sorotan pada planet teknologi dan juga kesehatan.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan

Artikel ini disadur dari Gebrakan Baru, Elon Musk Ciptakan Alat untuk Bantu Orang Buta Melihat