Teknologi

Fitur Android 15 Bisa Memprediksi Umur Komponen Penyimpanan

20
×

Fitur Android 15 Bisa Memprediksi Umur Komponen Penyimpanan

Sebarkan artikel ini
Fitur Android 15 Bisa Memprediksi Umur Komponen Penyimpanan

BEIJING – Bocoran yang tersebut mencuat beberapa waktu tak lama kemudian mengonfirmasi bahwa Android 15 mendatang akan menampilkan informasi keseimbangan baterai. Namun rupanya tidaklah belaka itu saja, rumor terbaru memaparkan sistem operasi yang disebutkan juga bisa saja memprediksi umur komponen penyimpanan.

Melansir Android Authority, Hari Jumat (19/4/2024) Google diketahui berada dalam berencana menampilkan informasi tentang berapa sisa umur komponen penyimpanan perangkat. Baik informasi keseimbangan akumulator maupun umur komponen penyimpanan akan muncul di dalam perangkat lunak Perangkat Diagnostics.

Aplikasi ini digadang-gadang akan menggunakan API masa penyimpanan baru dalam Android 15 yang dimaksud mengatasi sisa masa pakai perangkat penyimpanan internal, sebagai persentase bilangan bulat. Jika API mengatasi 90, misalnya, itu berarti 90% masa pakai perangkat penyimpanan permanen ada.

Meskipun patch yang dirujuk dalam berhadapan dengan belum digabungkan ke AOSP, API-nya telah ada dan juga diaktifkan di dalam rilis terbaru Android 15 beta 1. Hal ini sebab patch yang dimaksud dikirimkan Google ke AOSP telah terjadi digabungkan ke pada basis kode Android internal Google, yang tersebut sebenarnya digunakan oleh perusahaan untuk menyebabkan Android build-nya. API itu sendiri cuma menyebabkan informasi yang dimaksud telah dikumpulkan Android tersedia untuk aplikasi mobile (sistem).

Deskripsi patch awal yang tersebut mengimplementasikan API baru ini menyatakan bahwa patch yang disebutkan belaka sedikit berbeda dari API sebelumnya, yang dimaksud ada untuk pemeliharaan idle. Pemeliharaan idle adalah pada saat Android memangkas blok yang digunakan tidak ada digunakan di sistem file, yang mana berguna untuk chip penyimpanan flash.

Pemangkas blok yang mana tidak ada terpakai secara berlebihan dapat menurunkan masa pakai chip penyimpanan, oleh akibat itu penting untuk memeriksa kesehatan chip UFS lalu menjalankan pemeliharaan idle dengan cerdas. Android 13 sebenarnya memperkenalkan layanan pemeliharaan idle yang mana lebih banyak cerdas untuk tujuan ini.

Patch awal juga menyebutkan bahwa nilai ini dimaksudkan untuk ditampilkan untuk pengguna, sehingga kemungkinan besar pengguna akan mendapatkan akses ke program Diagnostik Peralatan pada rilis beta mendatang.

Namun, belaka beberapa perangkat (seperti jajaran Pixel milik Google) yang mana akan melaporkan sisa masa penyimpanan pada tingkat perincian 1%, sementara perangkat lain akan melaporkan dengan tingkat perincian 10% yang tersebut kurang akurat.

Artikel ini disadur dari Fitur Android 15 Bisa Memprediksi Umur Komponen Penyimpanan