Teknologi

Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

21
×

Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

Sebarkan artikel ini
Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan

JAKARTA – ketua eksekutif Tesla optimistis akan mulai mengedarkan Optimus pada tahun depan, meskipun robot humanoid itu masih pada tahap pengembangan. Spesifikasi robot ini adalah untuk menggantikan tempat tenaga kerja manusia pada melakukan tugas berulang atau berisiko lebih tinggi pada bidang seperti logistik, pergudangan, ritel, serta manufaktur.

Dilansir dari Al Arabiya, Hari Sabtu (27/4/2024), Musk mengungkapkan robot Optimus akan mampu melakukan tugas di dalam pabrik pada akhir tahun ini.

Musk sebelumnya pernah menyatakan bahwa jualan robot sanggup berubah menjadi bagian lebih besar besar dari kegiatan bisnis Tesla dibandingkan segmen lain, di antaranya pembuatan mobil. “Saya pikir Tesla adalah pembuat robot humanoid yang digunakan paling mampu mencapai produksi ukuran dengan inferensi efisien pada robot itu sendiri,” kata Musk.

Musk miliki sejarah gagal memenuhi janjinya. Pada 2019, ia memaparkan untuk penanam modal bahwa Tesla akan mengoperasikan jaringan mobil otonom “robotaxi” pada 2020.

Tesla telah terjadi merilis robot Optimus generasi pertama, yang dimaksud dijuluki Bumblebee, pada September 2022. Tahun ini, perusahaan yang dimaksud memposting video robot bipedal generasi kedua yang digunakan sedang melipat T-shirt ke prasarana perusahaan.

Selain Tesla, robot humanoid juga telah dilakukan dikembangkan selama beberapa tahun oleh Honda Negeri Matahari Terbit lalu Hyundai Motor’s Boston Dynamics. Tahun ini, startup Figure yang didukung Microsoft serta Nvidia menyatakan telah terjadi menyetujui secara resmi kemitraan dengan produsen mobil Jerman BMW untuk mengerahkan robot humanoid di prasarana pembuat mobil yang dimaksud pada Amerika Serikat.

Video Figure yang mana dirilis pada bulan Februari menunjukkan robot 01 sedang menyebabkan kopi. Sementara Boston Dynamics pekan sesudah itu meluncurkan sistem elektrik untuk robot humanoid Atlas miliknya, yang dimaksud terlihat berputar juga berbalik dari sikap berbaring ke berdiri serta berjalan.

Artikel ini disadur dari Elon Musk Sebut Robot Optimus Akan Mulai Dijual Tahun Depan