Ekonomi Bisnis

Doa Sesudah Adzan: Arab, Latin kemudian Terjemahannya

16
×

Doa Sesudah Adzan: Arab, Latin kemudian Terjemahannya

Sebarkan artikel ini
Doa Sesudah Adzan: Arab, Latin kemudian Terjemahannya

Jakarta, CNBC Indonesi – Adzan merupakan seruan yang mana menandakan masuknya waktu shalat fardhu. Sebagai umat Islam, kita diperintahkan untuk segera menunaikan shalat sewaktu mendengar adzan.

Namun, sebelum melaksanakan shalat, ada amalan yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Yaitu berdoa pasca mendengar adzan.

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

“Sesungguhnya do’a yang digunakan bukan tertolak adalah do’a antara adzan dan juga iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR Ahmad).

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Buku ‘Proyek Kehidupan Sesuai Al-Quran serta Sunnah’ karya Aziz Amnan menjelaskan tentang keutamaan adzan yang tersebut sangat besar, baik bagi muadzin yang mengumandangkannya maupun bagi mereka itu yang dimaksud mendengarkannya, diantaranya pada membaca doa setelahnya adzan.

Membaca doa pasca adzan dapat menyebabkan pada kebaikan yang dimaksud besar dan juga di dalam hari akhir nanti, pendatang yang tersebut membacanya akan memperoleh syafaat. Syafaat yang digunakan dimaksud di bacaan ba’da adzan adalah syafa’atul uzhma kemudian bentuk syafaat lainnya yang mana berasal dari Nabi Muhammad SAW.

Syafaat ini dapat meringankan hukuman atau memberikan ampunan dari adzab di dalam neraka, dan juga mengangkat derajat seseorang pada surga. Dengan demikian, membaca doa setelahnya adzan merupakan amalan yang dimaksud sangat dianjurkan lalu miliki keutamaan yang besar di ajaran Islam.

Doa Setelah Adzan

Berikut doa pasca adzan lengkap dengan artinya:

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Allahumma rabba haadzihid da’watit taammah. Wash shalaatil qaa-imah. Aati muhammadal wasiilata wal fadhiilah, wab’atshu maqoomam mahmuudal ladzii wa’adtahu innaka la tukhliful mi’ad.

“Ya Allah, Tuhan yang digunakan mempunyai panggilan ini, yang digunakan sempurna dan juga mempunyai salat yang didirikan. Berilah Nabi Muhammad wasilah kemudian keutamaan, juga kemuliaan lalu derajat yang digunakan tinggi, lalu angkatlah ia ke tempat yang dimaksud terpuji sebagaimana yang dimaksud Engkau sudah janjikan.”

Doa Setelah Adzan Subuh

Adapun setelahnya adzan subuh, maka dapat membaca doa sebagai berikut:

اللهم هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Allahumma hadza iqbaalu nahaarika wa idbaaru lailika wa ashwaatu du’aaika faghfir lii

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, kemudian perginya malam-Mu, lalu terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

Doa Setelah Adzan Magrib

Seorang muslim dapat menambahkan bacaan di doa pasca adzan magrib sebagai berikut

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Allahumma hadza iqbalu lailika wa idbaru naharika wa ashwatu du’aika faghfir lii.

“Ya Allah, ini telah lama mendekati malamMu, lalu telah terjadi berlalu siangMu, telah terjadi diserukan seruanMu, maka ampunilah aku.”

Usai mendengar adzan individu muslim dianjurkan melakukan tiga hal ini seperti hadist dari Rasulullah SAW.

إِذَا سَمِعْتُمُ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَىَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا اللَّهَ لِىَ الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِى الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِى إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ اللَّهِ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِىَ الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَةُ

Artinya: “Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang tersebut diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang tersebut bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sejumlah sepuluhan kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat ke surga yang belaka diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang dimaksud mendapatkannya. Siapa yang meminta-minta untukku wasilah seperti itu, dialah yang tersebut berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR Muslim).

Doa Antara Adzan kemudian Iqamah

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِيْ الدُّنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Allahumma innî as-alukal-‘âfiyah fid-dunya wal-âkhirah

Artinya: “Ya Allah, aku mohon pada-Mu keselamatan dalam bola juga akhirat.”

Artikel ini disadur dari Doa Sesudah Adzan: Arab, Latin dan Terjemahannya