Ekonomi Bisnis

BI Rate Naik Jadi 6,25%, BTN Turunkan Target Pertumbuhan Kredit

13
×

BI Rate Naik Jadi 6,25%, BTN Turunkan Target Pertumbuhan Kredit

Sebarkan artikel ini
BI Rate Naik Jadi 6,25%, BTN Turunkan Target Pertumbuhan Kredit

JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. ( BBTN ) akan segera menurunkan target perkembangan kredit ke level 10%-11% tahun ini seiring Bank Negara Indonesia (BI) yang dimaksud meningkatkan suku bunga acuan 6,25%. Berdasarkan laporan pertumbuhan kredit Kuartal I-2024 sebesar 14,8%.

“Jadi saya malah agak mencoba sekarang mau nurunin peningkatan kredit 14% supaya balik ke 10-11% untuk mengantisipasi likuiditas yang digunakan mungkin saja belakangan akan berubah menjadi lebih besar mahal sebab naiknya BI Rate,” ujar Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu pada konferensi pers Paparan Prestasi Keuangan Kuartal I-2024, Kamis (25/4/2024).

Menurut beliau untuk menghadapi era suku bunga tinggi secara rasional menggerakkan perbankan menurunkan perkembangan kredit. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi status geopolitik yang tersebut belum stabil.

“Masalahnya memang benar dari luar negeri semua. Kita kena dampaknya sebenarnya. Kita baik-baik bunga naik juga kita baik-baik pemuaian naik,” kata dia.

BTN pada periode Januari hingga Maret 2024 membukukan peningkatan kredit lalu pembiayaan sebesar 14,8% menjadi Rp344,2 triliun dibandingkan periode yang digunakan serupa tahun sebelumnya sebesar Rp299,7 triliun.

Artikel ini disadur dari BI Rate Naik Jadi 6,25%, BTN Turunkan Target Pertumbuhan Kredit