Teknologi

Gempa Nias juga Nabire Waktu petang Ini: Kekuatan Berbeda, Guncangan Setara

58
×

Gempa Nias juga Nabire Waktu petang Ini: Kekuatan Berbeda, Guncangan Setara

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Gempa mengguncang Nias, Sumatera Utara, kemudian Nabire, Papua Tengah, pada Hari Sabtu di malam hari ini, 20 Juli 2024. Keduanya sebanding miliki intensitas guncangan pada skala III MMI atau bisa jadi dirasakan dalam di rumah seakan ada truk yang tersebut melintas.

Gempa pada Nias diukur BMKG miliki magnitudo yang lebih tinggi besar yakni 5,4. Terlaksana pada pukul 19.05 WIB, pusat gempa ini berada ke laut pada jarak 139 kilometer arah barat daya Nias. Kedalamannya, 10 kilometer.

Menurut BMKG, gempa dalam Nias merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan pada luar zona subduksi (outer rise zone). “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidaklah memiliki kemungkinan tsunami,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi juga Tsunami BMKG, Daryono, di penjelasan tertoreh yang tersebut dibagikannya.

Adapun gempa dalam Nabire, menurut info BMKG, bermagnitudo 3,4 berjalan pada pukul 19.51 WIB. Pusatnya berada dalam darat, 7 kilometer barat daya Nabire dengan kedalaman 21 kilometer.   

Lokasi pusat gempa Nabire. Foto : X

BMKG mengimbau rakyat mencegah bangunan yang digunakan retak atau rusak akibat gempa. “Periksa dan juga pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tak ada kecacatan akibat getaran gempa yang dimaksud membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke pada rumah.”

Artikel ini disadur dari Gempa Nias dan Nabire Malam Ini: Kekuatan Berbeda, Guncangan Setara