Teknologi

3 Tools Kecerdasan Buatan yang tersebut Paling Banyak Digunakan hingga Juli 2024

38
×

3 Tools Kecerdasan Buatan yang tersebut Paling Banyak Digunakan hingga Juli 2024

Sebarkan artikel ini

Jakarta – RevoU merilis laporan terbaru tentang tools Artificial Intelligence (AI) yang banyak digunakan pada waktu ini. Laporan itu berdasarkan hasil riset mengenai tools Teknologi AI multifungsi yang dimaksud dikerjakan tim RevoU sejak awal tahun 2024. “Melalui riset ini, tergambar apa belaka tools Kecerdasan Buatan yang tersebut paling populer ke Indonesia,” kata Andrew Prasatya, AVP Konten dan juga Marketing produk, RevoU melalui pernyataan tertoreh yang dimaksud diterima Tempo, Senin, 16 juli 2024. 

Andrew menuturkan pada melakukan riset ini, RevoU mengakumulasi dan juga membandingkan ciri setiap tools Artificial Intelligence dari website resmi kemudian mengukur total pengguna melalui data pengunjung menggunakan similar web. “Data terakhir dikumpulkan pada bulan Juli 2024 ini,” ungkap Andrew.

Berdasarkan hasil riset RevoU, berikut inilah tools Kecerdasan Buatan yang mana berbagai digunakan pada 2024:

1. ChatGPT

Meskipun baru dirilis pada November 2022, Asisten Percakapan GPT berhasil mendapatkan 100 jt pengguna di 2 bulan serta sekarang mengawasi dalam kisaran 25 milyar kunjungan bulanan (96,5 persen), menjadikannya tools Artificial Intelligence multifungsi paling populer.

Selain itu kabarnya OpenAI akan merilis GPT-5 pada akhir 2024 atau awal 2025. Ini adalah berarti setiap saat ada versi terbaru dari Pengolah Bahasa Alami GPT setiap tahunnya, yang digunakan menghasilkan banyak pendatang menggunakannya.

Tersedia fasilitas gratis pada mengakses ChatGPT, namun hanya sekali dapat mengakses ke versi GPT-3.5 secara penuh. Namun, miliki batasan 20 hingga 30 pertanyaan per jam. Untuk akses ke GPT-4, sementara ini masih terbatas. 

2. Gemini kemudian Character AI

Gemini serta Character Teknologi AI menunjukkan popularitasnya dengan kisaran 419 jt (1,6 persen) dan juga 277 jt (1 persen) kunjungan setiap bulannya. Saat ini, Google memperluas akses Gemini ke beberapa barang seperti Google Messages, Google Workspace, Gmail, hingga iOS 18.

Fitur gratis Gemini hanya sekali mampu mengakses Gemini 1.0 Pro untuk membantu pengguna di hal reasioning, merangkum kemudian riset. Namun di versi gratis, pengguna bukan mampu bisa saja mengakses Gemini Advanced untuk pemecahan kesulitan yang digunakan lebih tinggi kompleks. 

Sedangkan, Character Kecerdasan Buatan baru belaka meluncurkan layanan Two-Way Avatar Conversation di perangkat lunak mobile bernama Character Calls, yang digunakan memungkinkan pengguna bercakap-cakap dengan karakter buatannya melalui telepon laiknya menelepon teman. Sementara ini, fitur-fitur itu sanggup dinikmati pada mode gratis

3. Claude AI

Baru dirilis pada Maret 2023, Claude Teknologi AI telah menduduki peringkat ke-4 tools Artificial Intelligence multifungsi terpopuler dengan jumlah keseluruhan pengunjung bulanan sekira 65 jt pengunjung. Menurut Anthropic, Claude 3.5 (Sonnet) telah dilakukan menetapkan tolok ukur baru pada graduate-level reasoning (GPQA), undergraduate-level knowledge (MMLU), dan juga coding proficiency (HumanEval), dan juga memiliki performa yang mana lebih banyak baik dibandingkan GPT-4 kemudian tools Teknologi AI multifungsi lainnya.

Vesi gratisnya semata-mata dapat mengakses Claude Teknologi AI 3.5 (sonnet) lalu diklaim sanggup membantu menganalisis informasi dari teks lalu gambar. Namun untuk sanggup mengakses Claude 3, pengguna harus mengakses versi berbayar. 

Selain ketiga tools Artificial Intelligence tersebut, peringkat keempat ditempati Perplexity (65.600.000 pengunjung), Copilot (39.400.000 pengunjung), lalu hugging face (23.300.000 pengunjung). 

Perbandingan fitur-fitur pada tools AI

ChatGPT, Gemini, Character AI, lalu Perplexity merupakan tools Kecerdasan Buatan multifungsi yang menawarkan fasilitas utama seperti pembuatan teks, pembuatan gambar, pencarian web, pembuatan model custom, integrasi API, text-to-speech, serta integrasi ke program lain.

Salah satu layanan penting adalah pencarian web yang membantu pengguna menemukan informasi online dari bervariasi sumber. Beberapa contohnya dapat digunakan untuk mengambil data dari URL tertentu, memberikan masukan copywriting pada landing page, sampai melakukan pengecekan formula yang digunakan salah pada Google Sheets.

Hanya ChatGPT, Gemini, Character AI, Copilot, dan juga Pi Artificial Intelligence yang tersebut menyediakan ciri text-tospeech untuk membacakan teks maupun jawaban Teknologi AI dalam bentuk audio.Fitur text-to-speech ini dapat digunakan untuk menghasilkan narasi blog post, memproduksi audio pada beraneka bahasa, menyediakan output audio secara real-time.

Pilihan Editor: Prodi dengan Pertumbuhan Mahasiswa Terbesar ke 10 Kampus Terbaik di dalam Indonesia 

Artikel ini disadur dari 3 Tools AI yang Paling Banyak Digunakan hingga Juli 2024