Berita

Waka BRIN Tinjau Inovasi Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel

19
×

Waka BRIN Tinjau Inovasi Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel

Sebarkan artikel ini
Waka BRIN Tinjau Inovasi Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel

SURABAYA – Wakil Kepala Badan Studi juga Inovasi Nasional (Waka BRIN), Prof Amarulla Octavian melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Studi Teknologi Hidrodinamika ke Surabaya pada Kamis 26 April 2024. Kedatangan Waka BRIN didampingi para Deputi, Direktur, lalu periset BRIN .

Kunjungan kerja bertujuan memeriksa berubah-ubah infrastruktur meliputi laboratorium, fasilitas, kemudian instrumen riset-riset teknologi kelautan.

Baca juga: Inspeksi Penelitian Teknologi Green Fuel Synthetic, Waka BRIN: Terbukti Bisa Gantikan BBM

Kunjungan kerja juga ditujukan untuk memantau kemajuan langkah-langkah beberapa riset yang sudah ada berjalan selama ini (regular research) kemudian riset baru memenuhi permintaan bola lapangan usaha lalu keperluan masyarakat. Hasil riset merupakan perubahan teknologi mengupayakan Proyek Keutamaan Nasional memgoptimalkan blue economy.

Inovasi BRIN telah dilakukan berhasil menimbulkan prototype skala bidang Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut juga Gelombang.

Sebelumnya sudah berhasil uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut menghasilkan kembali listrik 2 X 50 kW. Prototype terbaru telah dimodifikasi dalam bentuk kombinasi tenaga listrik yang tersebut dihasilkan arus laut dan juga gelombang.

Teknologi baru ini sangat menyokong kegiatan pemerintah untuk memenuhi keinginan listrik warga ke pulau-pulau kecil dan/atau ke wilayah terpencil. Inovasi BRIN selanjutnya adalah desain Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel (MDSV) berukuran panjang 110 m, lebar 36 m, lalu draft 7 m.

Dengan bentuk lunas catamaran, kapal ini miliki banyak keunggulan dibandingkan desain sebelumnya. Kapal ini mampu melakukan bervariasi fungsi, utamanya decommissioning offshore sistem (Anjungan Lepas Pantai), instalasi jaringan serta kabel/pipa bawah laut, maintenance, drilling, lalu salvation.

Kapal ini sangat tepat untuk eksplorasi minyak, gas, lalu mineral laut lainnya. Kapal ini juga sangat dibutuhkan Tim Penyelaman Kerja Bawah Air lalu Tim SAR laut.

Prof Amarulla Octavian memberikan penekanan untuk desain yang lebih tinggi canggih berfokus pada kelengkapan beberapa teknologi kunci, seperti Dynamic Positioning System juga Automatic Ballast Water Control System.

BRIN sangat berkepentingan menggerakkan para periset untuk berubah menjadi inovator teknologi kelautan. Laut adalah masa depan Bangsa Indonesia. Laut adalah sumber daya pangan sekaligus sumber daya energi untuk kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Artikel ini disadur dari Waka BRIN Tinjau Inovasi Multipurposes Decommissioning and Salvage Vessel