Berita

Syahganda Nainggolan Bilang Bangsa Ini adalah Harus Bangkit di dalam Era Prabowo

14
×

Syahganda Nainggolan Bilang Bangsa Ini adalah Harus Bangkit di dalam Era Prabowo

Sebarkan artikel ini
Syahganda Nainggolan Bilang Bangsa Ini adalah adalah Harus Bangkit pada pada Era Prabowo

JAKARTA – Direktur Lembaga Kajian Sabang Merauke Circle Syahganda Nainggolan menyatakan bangsa ini harus bangkit di dalam era pemerintahan Prabowo Subianto. Dia menuturkan, kebangkrutan nasionalisme dan juga patriotisme bangsa ini berada pada titik nadir terendah ketika ini.

“Sudah saatnya semangat kebangsaan bangkit, khususnya di dalam era pemerintahan baru ke depan,” ujar Syahganda di Roundtable Dialogue bertajuk Nasionalisme, Solidaritas Global, lalu Arah Generasi di dalam Jakarta, Mulai Pekan (20/5/2024).

Dia melanjutkan, kemiskinan rakyat yang digunakan terus meluas juga harus dicegah. Karena, kata dia, kemiskinan tiada mungkin saja menyokong munculnya nasionalisme suatu bangsa.

“Untuk itu, Prabowo harus ideologis, tidak pragmatis,” pungkasnya pada diskusi yang dimaksud diselenggarakan Sabang Merauke Circle, KSPSI, lalu PMKI ini.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Nusantara Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yang mana juga hadir menekankan agar nilai-nilai kebangsaan lalu kolektivitas sebagai sumber nilai dasar yang digunakan bersifat historis. Menurut Hasto, ketika ini sudah pernah berjalan kegagalan kebangsaan pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengubah semangat kebangsaan berubah menjadi nilai nepotisme.

Dia mengungkapkan, PDIP sebagai partai ideologis akan setiap saat berjalan bersatu nilai-nilai kepentingan rakyat. “Oleh karenanya pada rakernas ke depan kebijakan PDIP pasti sama-sama semangat rakyat yang kritis ketika ini,” kata Hasto pada diskusi yang tersebut juga dihadiri oleh Rocky Gerung, Jumhur Hidayat, lalu Cania Citta itu.

Pada kesempatan sama, Ketua BEM Universitas Yarsi Mursid Ramadhan memohonkan pemerintah ke depan untuk menghindari komersialisasi institusi belajar membesar dengan mahalnya Uang Kuliah Tunggal (UKT). “Kampus harus bagian dari nasionalisme bangsa, bukanlah kepentingan pasar,” katanya pada diskusi yang tersebut diselenggarakan pada rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) lalu dihadiri tokoh-tokoh buruh, mahasiswa, dan juga aktivis LSM.

Artikel ini disadur dari Syahganda Nainggolan Bilang Bangsa Ini Harus Bangkit di Era Prabowo