Berita

Survei Rekapol: 46,4 Persen Warga Optimistis Prabowo-Gibran Bawa Pemerintahan Lebih Baik

14
×

Survei Rekapol: 46,4 Persen Warga Optimistis Prabowo-Gibran Bawa Pemerintahan Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
Survei Rekapol: 46,4 Persen Warga Optimistis Prabowo-Gibran Bawa Pemerintahan Lebih Baik

JAKARTA – Hasil survei yang digunakan dijalankan Lembaga Rekapol Research and Consulting menunjukkan bahwa Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menunjukkan hasil positif. Hal itu terungkap usai survei yang tersebut diwujudkan pada 16 April-30 April 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Rekapol Research and Consulting Randi S Latulumarmina mengungkapkan survei dijalankan terhadap warga Indonesia dengan rentang usia 17 tahun ke berhadapan dengan atau sudah ada menikah.

‚ÄúPemilihan sampel dikerjakan menggunakan metode multistage random, berjumlah 1.200 responden yang dimaksud tersebar dalam 34 provinsi, pengambilan data dikerjakan dengan wawancara tatap muka segera dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, sementara margin error kurang lebih besar 2,8 persen,” ujar Randi, Awal Minggu (20/5/2024).

Sementara itu, tingkat kepuasan warga terhadap pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin sebesar 67,4 persen. Jika meninjau tren sebelum Pemilu, maka ada tren penurunan.

“Isu lain yang dimaksud kita potret juga terkait hak angket yang digunakan ternyata sejumlah warga menyimpulkan hak angket lebih besar kental nuansa kebijakan pemerintah atau sekadar manuver politik,” katanya.

Dalam hasilnya, 33,0 persen rakyat menganggap lebih besar condong sekadar bermotif manuver urusan politik sementara sebesar 17,1 persen masyarakat setuju untuk hak angket digulirkan guna mengungkap kecurangan Pemilihan Umum serentak 2024, sedangkan 49,9 persen menjawab tiada tahu.

Sementara itu, terkait tingkat keyakinan rakyat terhadap pemerintahan baru yang akan dijalankan Prabowo-Gibran mendapat respons positif. Sebanyak 46,4 persen meyakini bahwa Prabowo-Gibran sanggup menyebabkan Tanah Air lebih lanjut baik ke depannya. Selanjutnya, sebanyak-banyaknya 15,8 persen masih menyatakan ragu-ragu dan juga 19,5 persen menjawab tidaklah yakin dan juga 18,3 persen menjawab tiada tahu.

“Data lain juga menunjukkan bahwa masyarakat berharap agar komposisi kabinet Prabowo-Gibran dapat diisi kader terbaik partai kebijakan pemerintah sebagaimana hasil survei dalam mana 21,7 persen umum berharap agar diisi oleh kader terbaik partai kebijakan pemerintah dan juga belaka 9,0 persen memilih diisi oleh nonparpol koalisi dan juga 69,3 persen tak tahu/tidak menjawab,” ujar Randi.

Pengamat kebijakan pemerintah kemudian board advisors Arif Nurul Imam menambahkan data ini dapat berubah menjadi kabar baik bagi capres serta cawapres terpilih Prabowo-Gibran. Sebab, tingkat keyakinan komunitas bahwa Prabowo-Gibran sejumlah 46,4 persen menyatakan optimistis akan mewujudkan pemerintahan yang dimaksud lebih tinggi baik.

“Tentu ini berubah menjadi modal berharga bagi Prabowo-Gibran nanti pasca dilantik, ada kepercayaan dari umum mampu mengakibatkan Indonesi tambahan baik,” katanya.

Artikel ini disadur dari Survei Rekapol: 46,4 Persen Warga Optimistis Prabowo-Gibran Bawa Pemerintahan Lebih Baik