Internasional

Setidaknya 116 Orang Tewas Terinjak-injak pada India

16
×

Setidaknya 116 Orang Tewas Terinjak-injak pada India

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Setidaknya 116 khalayak tewas terinjak-injak pada sebuah acara keagamaan pada sebuah candi Hindu di utara India pada Selasa, 2 Juli 2024. Otoritas mengklaim itu adalah salah satu tragedi terburuk yang digunakan pernah muncul pada India selama bertahun-tahun. Korban jiwa berjatuhan ketika jamaah mulai saling dorong pada berada dalam suhu yang mana terik.

Musibah ini persisnya berjalan dalam sebuah desa ke distrik Hathras, negara bagian Uttar Pradesh yang mana terletak sekitar 200 kilometer dari selatan Ibu Perkotaan New Delhi. Otoritas mengutarakan ada ribuan umat Hindu berkumul pada Selasa sore ke sedang suhu yang dimaksud sangat terik.   

Yogi Adityanath Kepala Menteri negara bagian Uttar Pradesh mengungkapkan musibah terinjak-injak ini persisnya berjalan ketika jamaah mulai menggerakkan ke arah panggung lantaran ingin bersalaman dengan pendeta yang digunakan turun panggung. Penyebab pasti musibah ini masih belum diketahui.  

Administrator distrik Hathras  Ashish Kumar menduga musibah ini kemungkinan lantaran jamaah yang membludak ketika orang-orang mencoba meninggalkan acara. Pejabat senior lainnya bernama Chaitra V mengutarakan pada stasiun TV India Today mengutarakan orang-orang mulai pingsan akibat mereka mencari air minum pada sedang suhu yang tersebut terik. 

“Ada lumpur basah di satu tempat, pada mana orang-orang terpeleset. Suhu panas sudah menyebabkan orang-orang berebut menuju tempat air minum sehingga menggerakkan terjadinya insiden ini,” kata Kumar.    

Selain orang yang terdampar tewas, ada 18 khalayak luka-luka kemudian dirawat pada rumah sakit. Kepolisian telah meluncurkan investigasi juga berjanji menuntut pertanggung jawaban merek yang mana harus bertanggung jawab. Jumlah jamaah yang digunakan hadir pun lebih tinggi besar dari kapasitas tempat.  

“Penyimpangan oleh pihak berwenang pun sedang diselidiki kemudian tindakan tegas akan diambil pada 24 jam ke depan,” kata Kepala Kepolisian Uttar Pradesh Prashant Kumar. Sejumlah rekaman yang dipublikasi kantor berita ANI memperlihatkan mayat bergelimpangan yang tersebut diangkut ke truk juga beberapa kendaraan. 

Sumber: Reuters

Pilihan editor: 5 Daerah Perkotaan dalam Planet yang tersebut Paling Memicu Stress, DKI Jakarta Masuk Daftar

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di dalam Google News, klik di sini

Artikel ini disadur dari Setidaknya 116 Orang Tewas Terinjak-injak di India