Internasional

Selandia Baru refleksikan hubungan dengan RI lewat perayaan Matariki

7
×

Selandia Baru refleksikan hubungan dengan RI lewat perayaan Matariki

Sebarkan artikel ini
Selandia Baru refleksikan hubungan dengan RI lewat perayaan Matariki

Ibukota Indonesia – Kedutaan Besar Selandia Baru menjadikan perayaan Matariki yang tersebut menandai Tahun Baru Māori yang pertama kalinya dirayakan di dalam Negara Indonesia sebagai salah satu kesempatan untuk merefleksikan kuatnya hubungan kedua negara.

“Menyambut tahun baru Māori, Matariki adalah waktu untuk merenungkan masa lalu, merayakan masa kini, lalu menatap masa depan dengan penuh semangat. Dalam semangat Matariki, saya merefleksikan kuatnya hubungan Selandia Baru dengan Indonesi sejak kemerdekaannya,” kata Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia, Kevin Burnett di perayaan Matariki ke Jakarta, Jumat.

Burnett menuturkan bahwa kemitraan komprehensif dengan Tanah Air mencakup berubah-ubah kepentingan lalu tantangan bersatu lalu Selandia Baru sangat bangga dengan kemitraan jangka panjangnya di dalam bidang energi terbarukan, pengembangan kapasitas ke sektor keamanan, penyediaan prospek sekolah bagi generasi pelajar Indonesia.

“Pemerintah Selandia Baru telah terjadi meningkatkan fokus pada Asia Tenggara lalu hubungan dengan Negara Indonesia merupakan prioritas khusus. Seperti yang telah lama kita lihat dari tingginya tempo perjumpaan baru-baru ini antara para pemimpin urusan politik kita lalu pertukaran untuk mengkaji bidang-bidang yang dimaksud bermetamorfosis menjadi prioritas kedua negara,” ucapnya.

Sama dengan kecerahan bintang Matariki yang tersebut secara tradisional dipandang sebagai penanda datangnya musim panen, Burnett meyakini masa depan hubungan Negara Indonesia serta Selandia Baru juga akan cerah seiring pembangunan ambisi kemitraan komprehensif juga upaya untuk lebih lanjut menguatkan hubungan penting kedua negara.

Hadir dikesempatan yang digunakan sama, Wakil Menteri Perjalanan dan juga Kondisi Keuangan Kreatif Indonesia, Angela Tanoesoedibjo menyoroti aspirasi dengan Selandia Baru dan juga Indonesia untuk masa depan yang digunakan lebih besar cerah melalui persatuan kemudian saling pengertian.

Ia menuturkan bahwa Tanah Air kemudian Selandia Baru miliki komitmen yang identik terhadap keberagaman, keberlanjutan, dan juga inovasi.

“Mari kita tegaskan kembali komitmen kita untuk memperdalam hubungan ini. Mari kita mengambil inspirasi dari bintang-bintang dalam melawan kita, membimbing jalan kita menuju masa depan yang mana sejahtera dan juga inklusif bagi semua,” tuturnya.

Kedutaan Besar Selandia Baru menyelenggarakan acara untuk merayakan Matariki di dalam Indonesia pada pertama kalinya sejak Matariki resmi berubah jadi hari libur nasional di dalam Selandia Baru pada 2022.

Matariki mengacu pada gugusan bintang yang dimaksud umumnya dikenal di bahasa Inggris sebagai Pleiades, sebuah rasi bintang yang tersebut bermakna bagi berbagai budaya di seluruh dunia. Di Selandia Baru,Matariki terlihat tepat sebelum fajar di pertengahan musim dingin, menandai awal Tahun Baru pada kalender lunar tradisional Maramataka.

Suku Māori telah lama sudah merayakan Matariki, namun kebijakan untuk menetapkan hari libur nasional Matariki pada tahun 2022 mencerminkan pergerakan populer ke kalangan warga Selandia Baru untuk secara resmi mengakui Te Ao Māori (dunia Māori) juga pentingnya kontribusi budaya Māori terhadap identitas nasional Selandia Baru.

Artikel ini disadur dari Selandia Baru refleksikan hubungan dengan RI lewat perayaan Matariki