Sports

Sejarah! Timnas Nusantara Diterima Semifinal Piala Asia U-23

20
×

Sejarah! Timnas Nusantara Diterima Semifinal Piala Asia U-23

Sebarkan artikel ini
Sejarah! Timnas Nusantara Diterima Semifinal Piala Asia U-23

Hasil Nusantara U-23 vs Korea Selatan U-23 pada laga perempat final Piala Asia U-23 sudah ada diketahui. Skuad Garuda Muda secara mengejutkan mampu mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal untuk pertama kalinya setelahnya menang melalui drama adu penalti 11-10 setelahnya bermain imbang 2-2 pada 120 menit laga berlangsung ke Stadion Abdullah bin Khalifa, hari terakhir pekan (26/4/2024) dini hari WIB.

Sepanjang sesi pertama, Indonesi U-23 tampil cukup dominan. Marselino Ferdinan dkk mampu melegakan tujuh tendangan lalu tiga mengarah ke gawang.

Dari tiga tendangan yang digunakan mengarah ke gawang, dua pada antaranya berhasil menggetarkan gawang Korea Selatan U-23. Adalah Rafael Struick, yang digunakan memborong kedua gol untuk keunggulan Indonesia U-23.


Indonesia U-23 membuka keunggulan dalam menit 15 melalui gol yang tersebut dicetak Struick lewat tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Di pengujung sesi pertama, Korea Selatan U-23 semakin gencar melancarkan serangan.

Korea Selatan U-23 akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang pasca sundulan pemainnya mengenai Komang Teguh, sehingga bola sulit diantisipasi Ernando Ari. Hasil berubah berubah menjadi 1-1.

Tiga menit berselang, Indonesia U-23 kembali unggul 2-1. Struick benar-benar bermetamorfosis menjadi ancaman serius untuk lini pertahanan lawan.

Berawal dari Ivar Jenner, Struick yang dimaksud mendapat pengawalan ketat dari pemain bertahan Korea Selatan U-23, mampu menggiring bola ke jantung pertahanan lawan sebelum akhirnya mengurangi tendangan yang dimaksud mengecoh kiper lawan.

Mengacu pada statistik pada 45 menit pertama, Korea Selatan U-23 benar-benar dibuat tak berdaya. Pasalnya, mereka itu hanya sekali mampu melegakan satu tendangan serta tanpa shot on target.

Tak semata-mata dari segi peluang. Penguasaan bola Korea Selatan U-23 juga kalah. Tanah Air U-23 unggul dengan persentase 52 persen berbanding 48 persen.

Artikel ini disadur dari Sejarah! Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23