Internasional

Rusia Mulai Balas Dendam, Bekukan Aset Bank Terbesar Amerika Serikat

16
×

Rusia Mulai Balas Dendam, Bekukan Aset Bank Terbesar Amerika Serikat

Sebarkan artikel ini
Rusia Mulai Balas Dendam, Bekukan Aset Bank Terbesar Amerika Serikat

MOSKOW – Pengadilan St Petersburg memerintahkan pembekuan dana milik raksasa perbankan Amerika Serikat (AS) JPMorgan Chase pada Rusia pada Rabu lalu.

Keputusan yang disebutkan sebagai pembalasan Wilayah Moskow dan juga untuk membantu bank terbesar kedua ke Rusia, VTB, yang dimaksud telah lama mengajukan gugatan untuk memulihkan USD439,5 jt yang dimaksud diblokir ke luar negeri berdasarkan sanksi yang tersebut dipimpin AS.

VTB menggugat JPMorgan serta anak perusahaannya di dalam Pengadilan Arbitrase St Petersburg dan juga Wilayah Leningrad pada 17 April, menurut dokumen pengajuan pengadilan pada hari Senin.

Perintah pengadilan berusaha mencapai dana pada account JPMorgan pada Rusia dan juga “properti menggerakkan juga tak bergerak”, salah satunya saham bank yang dimaksud ke anak perusahaan Rusia.

Perselisihan yang disebutkan berpusat pada dana sebesar USD439,5 jt yang digunakan disimpan VTB di dalam tabungan JPMorgan dalam AS, yang digunakan diblokir oleh Washington sebagai bagian dari sanksi terkait pertempuran Rusia pada negara Ukraina sejak 2022.

Pengadilan St Petersburg memerintahkan penyitaan seluruh dana ke akun bank JPMorgan di Rusia, di antaranya akun koresponden lalu yang digunakan dibuka melawan nama anak perusahaan.

Mengutip laporan Russia Today, Hari Jumat (26/4/2024), VTB sudah pernah memohonkan langkah sementara dikarenakan responden atau tergugat mengambil tindakan untuk menantang aset merek dari Rusia, sementara bank Rusia yang dimaksud berupaya mendapatkan kembali uang dari bank AS.

Dalam gugatannya sendiri terhadap VTB minggu sesudah itu ke Distrik Selatan New York, JPMorgan berupaya untuk memblokir upaya bank Rusia tersebut, dengan menyatakan bahwa undang-undang Amerika Serikat melarang bank yang dimaksud melegakan dana senilai USD439,5 jt yang digunakan dimiliki oleh VTB.

Menurut Reuters, mengutip pemberi pinjaman AS, JPMorgan takut VTB akan mencoba menyita asetnya dalam Rusia.

Bank Wall Street mengaku untuk Reuters bahwa prospek VTB bagus, sebab pengadilan Rusia telah terjadi memberikan setidaknya enam keringanan untuk pemberi pinjaman lokal lainnya terhadap bank-bank Negeri Paman Sam lalu Uni Eropa yang digunakan diharuskan mematuhi undang-undang sanksi.

Sidang berikutnya di tindakan hukum JPMorgan dijadwalkan pada 17 Juli 2024.

Artikel ini disadur dari Rusia Mulai Balas Dendam, Bekukan Aset Bank Terbesar AS