Berita

Ransomware Serang PDN, Website Pemkot Cirebon Tak Bisa Diakses

13
×

Ransomware Serang PDN, Website Pemkot Cirebon Tak Bisa Diakses

Sebarkan artikel ini
Ransomware Serang PDN, Website Pemkot Cirebon Tak Bisa Diakses

Cirebon

Ransomware menyerang server Pusat Fakta Nasional (PDN) serta berimbas pada website otoritas Pusat Kota (Pemkot) Cirebon. Hingga kini, platform resmi Pemkot Cirebon itu tak bisa saja diakses.

Dilansir detikJabar, website Pemkot Cirebon yang mana mengalami gangguan mental belum dapat diakses. Namun untuk program lokal yang tersebut berpusat ke Dinas Komunikasi, Informatika dan juga Statistik (DKIS) masih bisa saja diakses juga datanya aman.

“Website Cirebonkota itu terdampak. Sampai pada waktu ini kita belum bisa jadi memulihkan, sebab di sananya (PDN) kena Ransomware. Cirebonkota.go.id yang tersebut nginduk ke PDN itu tidaklah bisa saja diakses,” kata Pelaksana Teknis Sektor Persandian lalu Keselamatan Data DKIS Daerah Perkotaan Cirebon, M Aris Saefuloh, Hari Jumat (28/6/2024).

Aris menyampaikan program lokal seperti perangkat lunak absensi kemudian aplikasi mobile yang dimaksud dikelola oleh DKIS Daerah Perkotaan Cirebon di keadaan aman. Pemkot Cirebon memang benar membagi ada beberapa website yang berpusat pada PDN serta ada juga perangkat lunak yang dimaksud berpusat ke DKIS Perkotaan Cirebon.

“Servernya kita punya sendiri. Tapi beberapa memang benar ada yang digunakan (berpusat) ke PDN. Yang ke PDN itu memang sebenarnya website Cirebonkota lalu beberapa website lainnya. Tapi aplikasi-aplikasi yang digunakan krusial seperti untuk absensi serta sebagainya itu aman, ada di kita. Untuk penyimpanannya dibagi dua. Ada yang mana dalam PDN, ada yang dimaksud ke server DKIS. Yang mengurus DKIS sendiri bagaimanapun juga tempatnya di dalam PDN,” kata Aris.

ADVERTISEMENT

“(Yang berpusat di dalam PDN) website biasa, seperti Cirebonkota.go.id. Jadi ngga ada data penting, seperti data PNS juga sebagainya. Kebetulan dari awal memang benar kita sudah ada memetakan, untuk yang krusial kita handle sendiri. Tapi bagaimanapun (serangan ke PDN) ada dampaknya. Di Cirebon Perkotaan itu ada 10 website yang terlibat ke PDN,” kata Aris menambahkan.

Simak selengkapnya pada sini.

(aik/aik)

Artikel ini disadur dari Ransomware Serang PDN, Website Pemkot Cirebon Tak Bisa Diakses