Internasional

Polandia Ingin Tampung Senjata Nuklir AS, Rusia: Itu Target Sah!

15
×

Polandia Ingin Tampung Senjata Nuklir AS, Rusia: Itu Target Sah!

Sebarkan artikel ini
Polandia Ingin Tampung Senjata Nuklir AS, Rusia: Itu Target Sah!

MOSKOW – Polandia, negara NATO yang juga tetangga Rusia, menyatakan siap untuk berubah jadi tuan rumah senjata nuklir Amerika Serikat (AS).

Moskow menyampaikan peringatan bahwa infrastruktur penampung senjata berbahaya itu akan bermetamorfosis menjadi target sah apabila muncul konflik Rusia-NATO.

Presiden Polandia Andrzej Duda memaparkan untuk harian lokal Fakt bahwa beliau sudah mengeksplorasi permasalahan penempatan senjata nuklir Amerika di negaranya.

“Saya harus mengakui bahwa pada saat ditanya tentang hal ini, saya menyatakan kesiapan kami,” katanya, menyalahkan apa yang digunakan disebutnya sebagai militerisasi Kota Moskow di wilayah barat Kaliningrad.

Duda juga menjelaskan bahwa sebagai anggota NATO, Polandia mempunyai kewajiban tertentu. “Dalam hal ini, kami hanya sekali menerapkan kebijakan bersama,” ujarnya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan pernyataan Duda sebagai provokasi, yang mana menurutnya tiada terlalu mengejutkan.

“Pemerintah Polandia sudah pernah lama merahasiakan ambisi merekan untuk mengakomodasi senjata nuklir Negeri Paman Sam yang tersebut ditempatkan ke Eropa,” katanya untuk RIA Novosti, yang mana dilansir Selasa (23/4/2024).

Dia mengutarakan lebih banyak lanjut bahwa Warsawa ingin aset-aset yang disebutkan memainkan peran tertentu pada kebijakannya yang sangat bermusuhan terhadap Rusia.

“Tidak sulit untuk berasumsi bahwa jikalau senjata nuklir Amerika muncul di wilayah Polandia, infrastruktur terkait akan segera dimasukkan sebagai target yang tersebut sah apabila terbentuk konflik militer dengan segera dengan NATO,” lanjut Zakharova.

Artikel ini disadur dari Polandia Ingin Tampung Senjata Nuklir AS, Rusia: Itu Target Sah!