Berita

PKS DKI Soroti Tingginya Tarif Parkir di Gedung Picu Parkir Liar pada Jalan

13
×

PKS DKI Soroti Tingginya Tarif Parkir di Gedung Picu Parkir Liar pada Jalan

Sebarkan artikel ini
PKS DKI Soroti Tingginya Tarif Parkir pada Gedung Picu Parkir Liar pada Jalan

Jakarta

Heboh jalur kendaraan beroda dua dalam Jalan Senopati, Ibukota Indonesia Selatan, digunakan untuk parkir liar lantaran sewa parkir ke struktur kantor mengalami kenaikan. Anggota DPRD DKI menyoroti hal ini.

“Kenapa parkir dalam sana? para warga kantoran lalu orang-orang dekat Senopati sana katanya akibat parkir pada gedung sudah ada dinaikkan tarifnya progresif,” ujar anggota DPRD DKI Ibukota dari F-PKS M Taufik Zoelkifli, untuk wartawan, hari terakhir pekan (28/6/2024).

“Memang kan masalahnya kemarin tindakan untuk meninggal tarif di dalam kompleks misalnya adalah salah satu strategi supaya para pekerja komunitas menggunakan transportasi masyarakat tapi bukannya pindah transportasi publik, tetapi memakai kendaraan pribadi juga parkir di dalam jalur sepeda gowes supaya tak mahal,” tuturnya.

Menurut Taufik, kebijakan meninggal tarif parkir ke kompleks yang mana menjadi pangkal masalah. Sehingga jalur kendaraan beroda dua menjadi ‘korban’.

Bagi Taufik, perlu adanya personel yang dimaksud berjaga ke jalur sepeda gowes yang berisiko dijadikan parkir liar. Penjagaan kemudian pengawasan itu harus setiap hari.

ADVERTISEMENT

“Keputusan yang tersebut diambil pada Ibukota tak sanggup berdiri sendiri, beliau harus dilihat lagi dampaknya untuk hal-hal lain,” imbuh Taufik.

“Keputusan kenaikan tarif parkir pada sebuah gedung parkir ternyata itu akan mempengaruhi orang-orang akan parkir (liar),” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan menjelaskan alasan banyaknya warga maupun karyawan yang mana memarkirkan kendaraannya di kedudukan tersebut. Ternyata karyawan ogah membayar tarif parkir yang berlaku per jam.

“Mereka kembali lagi parkir di dalam jalan akibat sewa parkir pada gedung dalam sekitaran posisi mengenakan tarif progresif,” kata Kepala Suku Dinas Perhubungan (Kasudinhub) DKI Jakarta Selatan Bernard Octavianus Pasaribu ketika dihubungi, hari terakhir pekan (28/6/2024).

“Jadi rata-rata pemilik kendaraan, pegawai bangunan juga kembali parkir ke jalan,” sambungnya.

(isa/aud)

Artikel ini disadur dari PKS DKI Soroti Tingginya Tarif Parkir di Gedung Picu Parkir Liar di Jalan