Sports

Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Hwang Sung-hong, Siapa Pembimbing Terbaik?

16
×

Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Hwang Sung-hong, Siapa Pembimbing Terbaik?

Sebarkan artikel ini
Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Hwang Sung-hong, Siapa Pembimbing Terbaik?

Timnas Nusantara U-23 bersiap menghadapi tantangan dari Timnas Korea Selatan U-23 dalam perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Hal ini merupakan pertandingan yang dinanti antara dua ahli utama, yakni Shin Tae-yong kemudian Hwang Sun-hong.

Pertandingan antara Korea Selatan juga Negara Indonesia akan dijalankan ke Stadion Abdullah bin Khalifa dengan waktu kickoff pada hari terakhir pekan (26/4/2024) pukul 0.30 WIB.

Shin Tae-yong serta Hwang Sun-hong, keduanya merupakan instruktur selama Korea Selatan, sudah pernah banyak bertemu pada pertandingan krusial. Menurut data dari Transfermarkt, keduanya telah saling berhadapan sebanyak 12 kali. Dari catatan tersebut, Shin Tae-yong berhasil meraih kemenangan belaka dua kali, sementara Hwang Sun-hong berhasil mengungguli pertandingan berjumlah lima kali, dengan lima pertandingan lainnya berakhir imbang.

Shin Tae-yong sebelumnya telah dilakukan menghadapi Hwang Sun-hong ketika masih menangani Seongnam Ilhwa, sementara Hwang Sun-hong berhadapan dengan Shin Tae-yong di mana menangani dua klub, yaitu Busan I’Park lalu Pohang Steelers.

Salah satu kemenangan terbesar yang tersebut diraih Shin Tae-yong berhadapan dengan Hwang Sun-hong adalah pada waktu Seongnam Ilhwa berhasil menekuk Pohang Steelers dengan skor 3-0 pada Piala Korea tanggal 24 Agustus 2011. Sementara itu, margin kemenangan terbesar Hwang Sun-hong menghadapi Shin Tae-yong adalah dua gol.

Lantas, seperti apa perbandingan prestasi kedua pelatih?

1. Shin Tae-yong

Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Hwang Sung-hong, Siapa Pelatih kepala Terbaik?

Menurut catatan Transfermarkt, Shin Tae-yong sudah pernah mengoleksi 3 gelar kejuaraan sejak mulai melatih Brisbane Roar di tahun 2005. Sejak ketika itu pula Shin Tae-yong menukangi banyak grup seperti Seongnam Ilhwa Chunma dan juga Timnas Korea Selatan.

Bersama klub Seongnam Ilhwa Chunma, STY sudah ada menggondol dua gelar kejuaraan yakni juara Piala Korea Selatan (2010/2011) dan juga Kompetisi Champions Asia (2009/2010). Sementara itu, di mana melatih Timnas Korea Selatan, Shin Tae-yong sukses meraih kemenangan Piala Asia Timur (EAFF Championship) 2017. Hebatnya, ia menyebabkan Korea Selatan berubah jadi juara dengan mayoritas pemain liga lokal.

2. Hwang Sun-hong

Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Hwang Sung-hong, Siapa Instruktur Terbaik?

Sementara itu, Hwang Sun-hong menurut Transfermarkt sudah ada mengoleksi 6 gelar. Piala Korea Selatan (2012, 2013), Turnamen Korea Selatan (2013, 2016), Medali Emas Asian Games 2022, serta Piala Asia Timur (EAFF) U-23 pada tahun 2023/2024.

Artikel ini disadur dari Perbandingan Prestasi Shin Tae-yong vs Hwang Sung-hong, Siapa Pelatih Terbaik?