Internasional

Panas! Balas Serangan Israel, Hizbullah Kirim Puluhan Roket

16
×

Panas! Balas Serangan Israel, Hizbullah Kirim Puluhan Roket

Sebarkan artikel ini
Panas! Balas Serangan Israel, Hizbullah Kirim Puluhan Roket

Jakarta

Kelompok Hizbullah ke Lebanon kembali meluncurkan puluhan roket ke negara Israel utara pada hari Selasa (2/7) waktu setempat. Ini adalah sebagai pembalasan melawan serangan negara Israel yang digunakan menewaskan orang warga sipil ke selatan negara itu.

Israel kemudian Hizbullah, sekutu kelompok Hamas, hampir setiap hari saling baku tembak lintas perbatasan sejak serangan gerakan Hamas ke tanah Israel yang digunakan membuat konflik pada Jalur Gaza.

“Para petempur Hizbullah meluncurkan puluhan roket Katyusha ke barak tentara pada negara Israel utara sebagai tanggapan terhadap serangan musuh Israel… serta pembunuhan warga sipil”, kata kelompok perlawanan Lebanon yang dimaksud di sebuah pernyataan, dilansir kantor berita AFP dan Al Arabiya, Rabu (3/7/2024).

Militer negara Israel mengidentifikasi “sekitar 15 proyektil… melintasi dari Lebanon, dan juga 10 berhasil dicegat tanpa mengakibatkan korban,” kata militer negeri Israel pada sebuah pernyataan.

Militer negara Israel juga menyatakan pihaknya menyerang “struktur militer Hizbullah” di tempat perbatasan desa Yarin.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, juga pada hari Selasa, media pemerintah Lebanon, pribadi pejabat juga manusia menteri Lebanon mengungkapkan serangan negara Israel menewaskan seseorang warga sipil di selatan negara itu.

“Serangan yang dimaksud memiliki target Bustan menewaskan pribadi warga sipil,” kata media National News Agency, pasca sebelumnya melaporkan bahwa pesawat tempur negara Israel menyerang desa tersebut.

Saksikan Live DetikPagi:

Walikota Bustan Adnan Ahmed menyatakan terhadap AFP bahwa serangan yang disebutkan menewaskan Muhieddin Abu Dallah, individu petani berusia 50-an tahun, lalu membinasakan rumah dan juga mesin pertaniannya.

Bentrokan lintas batas antara Hizbullah serta negeri Israel telah terjadi menewaskan 493 penduduk ke Lebanon, sebagian besar dari mereka adalah para petempur tetapi juga diantaranya 95 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Di pihak Israel, menurut pihak berwenang, setidaknya 15 tentara dan juga 11 warga sipil tewas.

Kekhawatiran meningkat bahwa bentrokan lintas batas yang dimaksud dapat berubah berubah menjadi konflik besar-besaran.

Artikel ini disadur dari Panas! Balas Serangan Israel, Hizbullah Kirim Puluhan Roket