Internasional

Menteri Maladewa Ditangkap Usai Dituduh Pakai ‘Ilmu Hitam’ ke Presiden

9
×

Menteri Maladewa Ditangkap Usai Dituduh Pakai ‘Ilmu Hitam’ ke Presiden

Sebarkan artikel ini
Menteri Maladewa Ditangkap Usai Dituduh Pakai ‘Ilmu Hitam’ ke Presiden

Male

Kepolisian Maladewa menangkap Menteri Lingkungan Hidup kemudian Iklim, Fathimath Shamnaz Ali Saleem, pada ibu kota Male. Laporan media-media lokal Maladewa mengatakan sang menteri dituduh melakukan “ilmu hitam” terhadap Presiden Dr Mohamed Muizzu.

Seperti dilansir AFP, Kamis (27/6/2024), Kepolisian Maladewa melaporkan bahwa Shamnaz, yang dimaksud secara resmi menjabat sebagai Menteri Negara untuk Lingkungan, Perubahan Iklim juga Energi, ditangkap pada Hari Minggu (23/6) waktu setempat.

Dia ditangkap dengan dua khalayak lainnya, yang tersebut tidaklah disebut identitasnya, dalam ibu kota Male.

Shamnaz ditahan selama seminggu sembari menanti penyelidikan berlangsung. Namun kepolisian tidak ada menjelaskan lebih tinggi lanjut perihal alasan penangkapannya.

“Ada laporan bahwa Shamnaz ditangkap oleh sebab itu melakukan ilmu hitam terhadap Presiden Dr Mohamed Muizzu,” sebut outlet media Maladewa, The Sun, di laporannya.

ADVERTISEMENT

Kepolisian Maladewa tak mengonfirmasi atau pun membantah laporan media tersebut.

Jabatan yang dimaksud dipegang Shamnaz merupakan jabatan penting di dalam Maladewa yang dimaksud berada di dalam garis depan krisis iklim, dengan para pakar lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memberi peringatan bahwa kenaikan permukaan air laut mampu memproduksi negara itu hampir bukan bisa jadi dihuni pada akhir abad ini.

Sementara praktik perdukunan atau ilmu hitam bukanlah pelanggaran pidana berdasarkan aturan hukum ke Maladewa, yang dimaksud mayoritas penduduknya Muslim.

Namun praktik perdukunan sanggup terancam hukuman enam bulan penjara berdasarkan aturan hukum syariat Islam yang mana berlaku ke negara itu.

Masyarakat di dalam beragam wilayah Maladewa diketahui sejumlah melakukan upacara adat, dengan keyakinan seremoni semacam itu bisa jadi menguntungkan diri sendiri kemudian mengutuk musuh-musuh.

Dalam perkara pada April 2023 lalu, menurut laporan media lokal Mihaaru, manusia wanita berusia 62 tahun ditikam hingga tewas oleh tiga tetangga pada area Manadhoo pasca ia dituduh melakukan seremoni ilmu hitam. Namun dilaporkan juga bahwa pihak kepolisian setempat gagal menemukan bukti yang mana menunjukkan wanita itu melakukan ilmu sihir.

Artikel ini disadur dari Menteri Maladewa Ditangkap Usai Dituduh Pakai ‘Ilmu Hitam’ ke Presiden