Internasional

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tindakan Publik?

16
×

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tindakan Publik?

Sebarkan artikel ini
Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tindakan Publik?

BARCELONA – Pertama Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez mengutarakan beliau akan menangguhkan tugas masyarakat hingga minggu depan untuk memutuskan apakah ia ingin terus mengatur pemerintahan setelahnya pengadilan meluncurkan penyelidikan awal terhadap istrinya.

Sanchez, yang tersebut tahun sesudah itu mendapatkan masa jabatan lagi untuk Partai Pekerja Sosialis Spanyol (PSOE) sebagai pemimpin pemerintahan koalisi minoritas, mengutarakan beliau akan mengumumkan keputusannya pada Senin, 29 April.

“Saya sangat membutuhkan jawaban menghadapi pertanyaan apakah layak… menjadi pemimpin pemerintahan atau meninggalkan kehormatan ini,” tulisnya pada surat yang tersebut dibagikan ke akun X-nya.

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Pekerjaan Publik?

1. Istri PM Sanchez Diduga Terlibat Korupsi

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Pekerjaan Publik?

Foto/AP

Melansir Reuters, Pengadilan Spanyol mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa pihaknya sudah pernah meluncurkan penyelidikan awal terhadap istrinya, Begona Gomez, menghadapi dugaan penyelundupan pengaruh juga korupsi perusahaan menyusul pengaduan yang mana diajukan oleh kelompok kampanye anti-korupsi Manos Limpias – Clean Hands – yang dimaksud pemimpinnya mempunyai hubungan dengan pihak-pihak yang digunakan berjauhan di atas. Kanan.

Pengadilan tidaklah memberikan rincian tambahan lanjut lantaran tindakan hukum ini masih di tahap awal dan juga tertutup.

Manos Limpias menuduh Gomez menggunakan pengaruhnya sebagai istri perdana menteri untuk mendapatkan sponsor bagi inisiatif penghargaan kategori master di dalam universitas yang digunakan ia jalankan.

Manos Limpias menggunakan instrumen hukum unik Spanyol yang mana dikenal sebagai “tuduhan rakyat” untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap pihak ketiga. Hakim dapat memilih apakah akan menindaklanjuti pengaduan yang dimaksud atau tidak, dan juga bukan semua tuduhan mengarah pada penyelidikan yudisial.

Beberapa media melaporkan pada hari Rabu bahwa direktur dua outlet berita online yang awalnya menerbitkan klaim dugaan kesalahan Gomez akan bersaksi sebagai saksi.

2. Ada Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Pekerjaan Publik?

Foto/AP

Manos Limpias mengklaim – mengutip laporan surat kabar online – bahwa Gomez menerima bantuan dari maskapai penerbangan Air Europa juga perusahaan induk Spanyol Globalia selama ia menjabat sebagai direktur pusat penelitian Afrika pada sekolah perusahaan IE Madrid hingga tahun 2022, menurut stasiun radio Cadena Ser, yang digunakan membagikan dokumen yang tersebut dikatakan sebagai keluhan hukum dalam portal webnya.

IE mengutarakan di sebuah pernyataan bahwa mereka bukan pernah menerima dukungan finansial apa pun dari Globalia atau entitasnya.

Artikel ini disadur dari Mengapa PM Spanyol Sanchez Mengambil Cuti dari Tugas Publik?