Internasional

Macron Sebut Amerika Serikat Tak Bisa Diandalkan: Eropa Kami Bisa Mati!

14
×

Macron Sebut Amerika Serikat Tak Bisa Diandalkan: Eropa Kami Bisa Mati!

Sebarkan artikel ini
Macron Sebut Amerika Serikat Tak Bisa Diandalkan: Eropa Kami Bisa Mati!

PARIS – Presiden Prancis Emmanuel Macron mendesak negara-negara Uni Eropa (UE) untuk melakukan pembaharuan tegas guna mengamankan kepentingan blok yang dimaksud mendekati pemilihan Parlemen Eropa.

Macron menyampaikan peringatan UE bahwa Amerika Serikat bukan bisa saja diandalkan untuk memberikan perlindungan.

Jajak pendapat memproyeksikan bahwa pemilih Uni Eropa akan beralih ke urusan politik nasionalis sayap kanan di pemilihan Parlemen Eropa pada awal Juni mendatang.

Macron menyerukan pembaharuan kebijakan yang mana signifikan ketika beliau berpidato ke depan rekan-rekannya dalam seluruh benua Eropa dari Universitas Sorbonne di dalam Paris pada hari Kamis.

“Eropa kami ketika ini fana dan juga dapat mati,” kata Macron menyampaikan peringatan blok Uni Eropa.

“Ia sanggup mati, kemudian ini hanya saja bergantung pada pilihan kita,” katanya lagi, seperti disitir dari Reuters, Hari Jumat (26/4/2024).

Pemimpin Prancis yang disebutkan menggembar-gemborkan “otonomi strategis” untuk Eropa, khususnya pada hal produksi militer.

Dia menegaskan kembali bahwa negara-negara anggota UE harus mengeluarkan tambahan berbagai uang untuk pertahanan lalu memberikan prioritas pada senjata yang tersebut diproduksi secara lokal—sebuah saran yang dimaksud dianggap oleh para kritikus sebagai upaya melobi produsen senjata Prancis.

Macron kemudian mengungkapkan bahwa hal itu akan menghurangi ketergantungan benua Eropa terhadap AS.

Artikel ini disadur dari Macron Sebut AS Tak Bisa Diandalkan: Eropa Kami Bisa Mati!