Berita

KTT ke-10 WWF, BNPB Tabur 6.000 Kg Garam Usir Cuaca Ekstrem dari Bali

28
×

KTT ke-10 WWF, BNPB Tabur 6.000 Kg Garam Usir Cuaca Ekstrem dari Bali

Sebarkan artikel ini
KTT ke-10 WWF, BNPB Tabur 6.000 Kg Garam Usir Cuaca Ekstrem dari Bali

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di dalam Provinsi Bali yang mana bermetamorfosis menjadi lokasi penyelenggaraan KTT ke-10 World Water Forum. Operasi TMC yang mana dilaksanakan 18-20 Mei 2024 itu total menabur substansi semai Natrium Chlorida (NaCl) atau garam dapur sejumlah 6.000 kg ke langit Pulau Dewata dengan rincian hari pertama 2.000 kg juga hari kedua 4.000 kg.

“Adapun operasi TMC ini berusaha mencapai awan potensial seperti perkembangan awan Cumulus Congestus yang digunakan dapat mencapai area target,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, juga Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari pada keterangannya, Awal Minggu (20/5/2024).

Aam, sapaan karibnya, menjelaskan pesawat berjenis Cessna Caravan 208B dengan registrasi PK-SNM ini melakukan operasi TMC penyemaian di sekitar wilayah Provinsi Bali bagian Utara, Tengah, serta Timur dan juga Lombok Utara untuk menghalau awan potensial mencapai area target. Untuk operasi hari ini (20/5) direncanakan akan diwujudkan penyemaian dalam areal perairan Bali juga NTB.

BNPB, BMKG, BRIN kemudian unsur lainnya bekerja sebanding di operasi TMC ini dengan tujuan mengantisipasi prospek cuaca ekstrem selama kegiatan WWF ke-10 dalam Provinsi Bali.

“Diharapkan dengan adanya operasi TMC ini, dapat turut mensukseskan acara WWF dengan melakukan mitigasi dan juga mengantisipasi peluang risiko bencana,” ucapnya.

Lebih lanjut, operasi TMC ini mempunyai berbagai khasiat dibeberapa bidang. Bukan tak mungkin saja bahwa operasi TMC ini akan diadopsi dinegaranya dengan mempertimbangkan keadaan cuaca lalu keadaan geografisnya.

Sekedar informasi, World Water Wadah ke-10 mengusung tema besar Water for Shared Prosperity. Wadah ini akan menciptakan pemberitahuan tingkat menteri sebagai keluaran utama, yang digunakan disertai dengan kompendium atau concrete deliverables.

Agenda internasional ini bertujuan untuk menyajikan pengetahuan tentang penilaian air secara global, tantangan lalu solusi konkrit. Dengan begitu, pendalaman isu-isu terkini diberbagai sektor seputar air dapat menghasilkan kembali komitmen urusan politik untuk perbaikan pengelolaan air ke depannya.

Artikel ini disadur dari KTT ke-10 WWF, BNPB Tabur 6.000 Kg Garam Usir Cuaca Ekstrem dari Bali