Ekonomi Bisnis

KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Tahun 2025

15
×

KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Tahun 2025

Sebarkan artikel ini
KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Tahun 2025

JAKARTA – PT Kereta Kilat Tanah Air China (KCIC) berusaha mencapai stasiun Karawang akan beroperasi melayani penumpang mulai tahun depan. Pengoperasian stasiun yang disebutkan mengawaitu jalan akses yang digunakan ketika ini masih di proses pembangunan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan dari sisi konstruksi, stasiun Karawang sudah ada rampung dibangun, kemudian sudah ada siap untuk melayani penumpang. Namun dari sisi aksesibilitas, hingga ketika ini masih pada serangkaian konstruksi oleh pemerintah juga PT KCIC.

“Semua fungsi operasional sudah ada berjalan, hanya sekali fungsi untuk melayani penumpang yang belum kita lakukan,” ujar Eva dalam Stasiun KCIC Karawang, hari terakhir pekan (26/4/2024).

Lebih lanjut, Eva menjelaskan nantinya akan ada 3 akses jalan menuju stasiun Karawang. Pertama tersambung dengan jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) mulai dari KM 42. Kedua, jalan Akses Kawasan Trans Heksa Karawang (THK), lalu ketiga Jalan akses dari Perkotaan Deltamas.

Adapun jalan akses melalui Tol Japek, akan dibangun oleh Kementerian PUPR serta PT Jasa Marga (Persero), sedangkan untuk akses kawasan THK juga Pusat Kota Deltamas akan dikerjasamakan oleh PT KCIC.

“Kita berharap tahun depan sudah ada bisa saja beroperasi Stasiun Karawang. Nanti kita infokan lagi dikarenakan pasti nanti mampu jadi lebih banyak cepat ataupun bisa saja terlambat sedikit,” jelas Eva.

Eva mengatakan, pada waktu ini tahapan pembebasan lahan untuk konstruksi akses dari Kawasan THK kemudian Perkotaan Deltamas sudah ada mencapai 80%. Sebab mayoritas lahan telah di penguasaan tiap-tiap penguasaan, hanya sekali tersisa beberapa unit rumah yang mana pada waktu ini masih bersengketa.

Eva optimistis, peluncuran 3 jalan akses itu akan mendongkrak jumlah keseluruhan penumpang KA Kilat Whoosh secara akumulatif. Lokasi stasiun yang disebutkan menurutnya memiliki sikap yang mana cukup strategis yang mana menghubungkan rakyat dari kota Deltamas maupun yang digunakan berada di dalam Kawasan THK juga kawasan wisata pada Karawang.

“Pertumbuhan sektor pariwisata kalau kita mengawasi juga cukup besar di dalam Karawang. Mudah-mudahan dengan adanya stasiun Karawang ini itu dapat menumbuhkan jumlah agregat jumlah penumpang pada KCIC, kita harapkan bisa jadi tambahan dari 30%,” tutup Eva.

Artikel ini disadur dari KCIC Targetkan Stasiun Karawang Beroperasi Tahun 2025