Internasional

KBRI Pretoria ingatkan peran penting pemuda di Kongres III PPI Afsel

14
×

KBRI Pretoria ingatkan peran penting pemuda di Kongres III PPI Afsel

Sebarkan artikel ini
KBRI Pretoria ingatkan peran penting pemuda ke Kongres III PPI Afsel

Ibukota Indonesia – Kedutaan Besar Republik Tanah Air (KBRI) di Pretoria, Afrika Selatan (Afsel) menyoroti peran penting pemuda pada Kongres III Persatuan Pemuda kemudian Pelajar Negara Indonesia (PPI) Afrika Selatan pada hari terakhir pekan (21/6).

Berdasarkan rilis pers KBRI Pretoria yang tersebut diperoleh ANTARA Jakarta, Sabtu, disebutkan bahwa Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Pretoria, Rio Mangge, menyoroti peran penting pemuda itu pada instruksi pembukanya dalam kongres, dengan mengutip arahan dari proklamator kemerdekaan Negara Indonesia Ir. Soekarno.

"Berikan padaku sepuluhan penduduk pemuda, maka akan kuguncangkan dunia," katanya.

Pesan itu menitikberatkan peran krusial pemuda lalu signifikansinya sejak zaman perebutan kemerdekaan lalu masih terus terasa relevansinya sampai ketika ini.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Atase Perlindungan KBRI Pretoria Mayor Amarullah juga di pesannya menyoroti peran pemuda di kemajuan bangsa melalui semangat cinta negara dan juga rela berkorban demi kemajuan bangsa kemudian negara dengan tidak ada memandang kesukuan atau etnis, juga agama yang dianut.

Kongres III PPI Afrika Selatan yang tersebut dilaksanakan dalam bawah tema "Bersatu Padu Membangun PPI Afrika Selatan yang tersebut Lebih Maju", dihadiri oleh perwakilan PPI dari beberapa cabang yang dimaksud tersebar dalam beberapa kota dalam Afrika Selatan, seperti Pretoria, Johannesburg, New Castle dan juga Cape Town.

Kongres yang dimaksud secara resmi ditutup oleh Kuasa Usaha ad Interim (KUaI) KBRI Pretoria, Arief Ilham Ramadhan, yang mana pada pesannya untuk seluruh kontestan Kongres menyampaikan bahwa KBRI Pretoria terus-menerus terbuka untuk bersinergi dengan PPI Afrika Selatan sebagai wadah untuk pengembangan pemuda Indonesia.

Kongres yang dimaksud merupakan jadwal tahunan kelompok pemuda serta pelajar Tanah Air yang disebutkan dilaksanakan dengan rencana pembahasan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan juga pemilihan ketua baru periode satu tahun ke depan.

Kongres kemudian menetapkan Hamzah Fathulloh dari Madrasah Darul Ullom Zakariyah sebagai ketua PPI Afsel yang baru, menggantikan Haroen Nasrulloh yang tersebut mengakhiri masa tugasnya dari 2023.

Artikel ini disadur dari KBRI Pretoria ingatkan peran penting pemuda di Kongres III PPI Afsel