Berita

Kala Gibran Temani Heru Budi Cek Proyek hingga Bagi Susu pada Ibukota

19
×

Kala Gibran Temani Heru Budi Cek Proyek hingga Bagi Susu pada Ibukota

Sebarkan artikel ini
Kala Gibran Temani Heru Budi Cek Proyek hingga Bagi Susu pada Ibukota

Jakarta

Ada yang mana berbeda dari kunjungan kerja Penjabat (Pj) Pengurus DKI Ibukota Indonesia Heru Budi Hartono ke wilayah. Kali ini, Heru ditemani oleh Wali Perkotaan Solo sekaligus Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka menghampiri warga Ibukota Indonesia pada dua wilayah.

Dirangkum detikcom, Hari Jumat (28/6/2024), kunjungan pertama Heru Budi juga Gibran ialah datang ke Kali Semonggol ke Ibukota Indonesia Barat yang sedang dikeruk. Gibran terlihat mengenakan baju batik berjalan bersatu Heru Budi lalu menyapa warga yang telah menunggu.

Bagi-bagi Susu serta Kotak Pensil

Terlihat, Heru Budi lalu Gibran juga membagikan kotak pensil, buku kemudian susu untuk anak-anak. Selain itu merek juga membagikan sembako terhadap warga yang digunakan menunggu.

Setelah itu, Heru dan juga Gibran menuju posisi pengerukan kali untuk memantau denah pengerukan. Lalu, dia pun berlanjut untuk berkeliling menyapa warga kemudian membagikan sembako.

“Mas Gibran makasih susunya, aku telah minum nih,” teriak salah satu anak di dalam lokasi.

ADVERTISEMENT

Tak berhenti sampai situ, keduanya melanjutkan kunjungan kerja ke wilayah Kamal Muara di DKI Jakarta Utara. Pantauan detikcom dalam Dermaga Muara Kamal, DKI Jakarta Utara, hari terakhir pekan (28/6/2024), kedatangan mereka segera disambut oleh anak-anak dan juga ibu-ibu.

Heru Budi kemudian Gibran pun kembali membagikan susu kemudian buku untuk warga.

“Selamat datang bapak, selamat datang bapak, selama datang kami ucapkan,” teriak para warga yang tersebut telah menunggu.

Gibran Rakabuming Raka menemani Heru Budi Hartono meninjau proyek Kali Semongol Jakbar serta berkunjung ke Kelurahan Kamal Muara Jakut (Belia/detikcom)Foto: Gibran Rakabuming Raka menemani Heru Budi Hartono meninjau proyek Kali Semongol Jakbar lalu berkunjung ke Kelurahan Kamal Muara Jakut (Belia/detikcom)

Selanjutnya penjelasan Heru Budi hingga Gibran persoalan kunjungan ke wilayah-wilayah Jakarta.

Kata Heru Budi mengenai Didampingi Gibran

Heru Budi Hartono menjelaskan alasan dirinya yang digunakan didampingi Gibran Rakabuming Raka pada waktu kunjungan ke Kali Semongol lalu Kelurahan Kamal Muara. Heru mengutarakan bahwa Gibran bergabung dirinya belaka untuk meninjau beberapa proyek di Jakarta.

“Kehadiran beliau (Gibran) untuk mengecek beberapa proyek yaitu proyek banjir Semongol kemudian beliau menegaskan apakah berjalan dengan baik. Tadi ungkapkan pada beliau bahwa Semongol sudah ada dikeruk dengan status trase yang mana ada nanti lanjut sheetpile,” kata Heru Budi pada wartawan ke Kelurahan Muara Kamal, Ibukota Indonesia Utara, hari terakhir pekan (28/6/2024).

Ia mengungkapkan kawasan Kali Semonggol akan diberi pompa serta berharap agar kawasan yang disebutkan dapat terhindar dari banjir parah. Selain itu, di dalam Kelurahan Kamal Muara Jakut, Heru mengungkapkan bahwa pihaknya yang mana bekerja sejenis dengan perusahaan swasta untuk merevitalisasi rumah-rumah warga.

“Semoga yang tersebut kemarin banjir sudah ada bisa saja berkurang kemudian nanti ditambah pompa di dalam Kamal. Yang berikutnya menunjukkan bahwa Pemda DKI dengan Tsu Chi. Kami bersama-sama merevitalisasi rumah-rumah yang tersebut memang benar berubah menjadi perhatian ada dalam Kamal, nanti ada pada Palmerah, Cempaka Putih lalu seterusnya,” ucapnya.

ADVERTISEMENT

Gibran Ngaku Ingin Studi Banding di Jakarta

Gibran Rakabuming Raka turut angkat bicara mengenai kunjungan ke dua wilayah di Ibukota itu. Awalnya, Gibran mengaku hanya saja ingin menyapa serta bermain bersatu warga.

“Nggak ada jadwal apa-apa. Main aja,” kata Gibran pada wartawan pada Dermaga Muara Kamal, Ibukota Utara pada Hari Jumat (28/6/2024).

Di sisi lain, pada waktu ditanya awak media masalah kepentingannya mengunjungi kedudukan tersebut, ia mengaku datang sebagai wali kota Solo.

“(Sebagai) wali kota,”ujar Gibran ketika ditanya apakah ia datang sebagai perwakilan presiden terpilih atau wali kota.

Simak selengkapnya ke halaman selanjutnya.

Saat ditemui wartawan di dalam Solo, Jawa Tengah pada hari terakhir pekan (28/6) sore, Gibran kembali menjelaskan persoalan rencana sama-sama Heru Budi. Gibran mengaku memenuhi undangan Heru pada rangka studi banding.

“(Diundang Pak Heru) iya, iya. Tadi sekadar saya mau jalan ke airport, tempatnya dekat airport, mampir,” kata Gibran dilansir detikJateng, hari terakhir pekan (28/6/2024).

Wali Perkotaan Solo, Gibran Rakabuming Raka di kompleks DPRD Solo, Hari Jumat (28/6/2024).Wali Perkotaan Solo, Gibran Rakabuming Raka dalam kompleks DPRD Solo, hari terakhir pekan (28/6/2024). Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng

Lebih lanjut, Gibran menyatakan kedatangannya di dalam sana untuk melakukan studi banding dengan Jakarta. Ia mengkaji terdapat permasalahan yang digunakan sejenis antara Ibukota Indonesia lalu Solo, mulai persoalan kawasan kumuh hingga banjir.

Selain itu, ia memandang DKI Jakarta melakukan penanganan yang tersebut sebanding dengan Solo, yakni menggandeng pihak swasta untuk penyelenggaraan kota. “Permasalahan kita kan biasanya ada banjir, kawasan kumuh, sejenis seperti Solo, nggak ada salahnya to kita melakukan studi banding dengan Jakarta,” bebernya.

ADVERTISEMENT

Gerindra Bicara Mandat Prabowo

Gerindra turut berkomentar mengenai aksi Gibran mendampingi Heru Budi Hartono mengecek beberapa proyek ke Jakarta. Gerindra bicara instruksi Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang dimaksud memberikan keleluasaan terhadap Gibran untuk berinteraksi dengan siapapun.

“Prinsipnya Pak Prabowo memberi keleluasaan untuk Mas Gibran untuk mengomunikasikan dengan siapapun,” kata Sekjen Gerindra Ahmad Muzani terhadap wartawan ke Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari terakhir pekan (28/6/2024).

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (Firda CA/detikcom)Foto: Sekjen Gerindra Ahmad Muzani (Firda CA/detikcom)

Muzani mengemukakan hal yang disebutkan untuk menciptakan suasana urusan politik yang mana teduh. Gibran, kata Muzani, diberikan mandat penuh untuk berleluasa jalin komunikasi dengan pihak manapun.

“Untuk menciptakan suasana urusan politik yang tersebut lebih tinggi teduh, tambahan ada kerukunan, sehingga Mas Gibran memiliki mandat penuh dari Pak Prabowo,” ujarnya.

Artikel ini disadur dari Kala Gibran Temani Heru Budi Cek Proyek hingga Bagi Susu di Jakarta