Internasional

Indonesi serahkan hibah peralatan medis untuk Fiji

7
×

Indonesi serahkan hibah peralatan medis untuk Fiji

Sebarkan artikel ini
Indonesi serahkan hibah peralatan medis untuk Fiji

Ibukota – ​Pemerintah Nusantara melalui Duta Besar RI untuk Fiji, Dupito Simamora, mengemukakan hibah peralatan medis senilai 428.000 dolar Fiji (sekitar Rp3,1 miliar) terhadap pemerintah Fiji yang mana diwakili Menteri Aspek Kesehatan Ratu Atonio Lalabalavu. 

Hibah peralatan medis yang disebutkan mencakup tempat tidur rumah sakit elektrik, kursi roda elektrik, meja pemeriksaan, troli obat juga troli darurat, selain hibah pemulihan Virus Corona yang tersebut merupakan bagian dari peringatan keras 50 tahun persahabatan Negara Indonesia serta Fiji. ​​​​

“Sebagai mitra penyelenggaraan Fiji, Tanah Air berjanji menyokong isu-isu pengerjaan prioritas bagi Fiji, diantaranya sektor kesehatan. Sinergi ini merupakan wujud solidaritas, persahabatan, kemudian hubungan yang lebih tinggi erat antar kedua pemerintah serta rakyat kita," kata Dubes Dupito Simamora melalui pernyataan resmi pada Jakarta, Selasa.

Terlebih dari itu, lanjut Dubes, kolaborasi keduanya merupakan tujuan dengan untuk saling memperkuat di mencapai SDGs pada 2030 di dalam tingkat global, regional lalu nasional.

Sementara itu, Ratu Atonio Lalabalavu, juga menyampaikan terima kasih berhadapan dengan penyerahan hibah dari Indonesia. “Pagi ini kita menyaksikan kemurahan hati dan juga dukungan berkelanjutan dari eksekutif Negara Indonesia terhadap rakyat Fiji melalui bantuan hibah peralatan medis yang dimaksud sangat kita butuhkan di memberikan layanan kesegaran untuk rakyat Fiji," katanya.

Menurutnya, sumbangan yang disebutkan memproduksi perbedaan pada hidup masyarakat ketika mencari perawatan kesehatan ke sarana keseimbangan sekalian berkontribusi pada visi kementerian kesejahteraan Fiji untuk mencapai rakyat yang mana baik jasmani.

"Sesungguhnya, tim kami ketika ini sedang memuat beberapa peralatan untuk didistribusikan ke sarana kesejahteraan kami di Divisi Utara hari ini," katanya.

Upacara penyerahan peralatan hibah medis disaksikan Alipate Vosaicake, Sekretaris Jenderal Fiji-Indonesia Friendship Association (FIFA) yang digunakan diperkenalkan Presiden Fiji, Ratu Wiliame Katonivere pada 26 Maret 2024 pada Suva.

Peralatan medis yang dimaksud dikirim ke Fiji pada 19 Mei juga grup dari IndoFarma melakukan pelatihan lalu penyiapan peralatan secara menyeluruh dengan tujuan memulai pembangunan kapasitas ke antara tenaga kesehatan setempat.

KBRI Suva telah lama merencanakan beberapa acara untuk merayakan Jubileum Emas persahabatan antara kedua negara sepanjang tahun ini.

Artikel ini disadur dari Indonesia serahkan hibah peralatan medis untuk Fiji